Hasil UN SMP/Sederajat Diumumkan Hari Ini

Hasil UN SMP/Sederajat diumumkan hari ini – Hasil ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2015/2016 tingkat SMP/Sederajat diumumkan hari ini. 

Pengumuman hasil UN dilakukan oleh pihak sekolah setelah melewati rangkaian proses dalam rapat dewan guruDiperkirakan rapat internal pendidik dan tenaga kependidikan tetap berjalan alot sebelum memutuskan dan menetapkan kelulusan siswa.

Tidak terlalu mendebarkan

Di pihak lain, kondisi psikologis siswa dan orangtua siswa tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ketika menyambut pengumuman hasil UN. Orangtua dan anaknya nampak tenang, sehingga guru dan pegawai lainnya tidak perlu lagi mematikan handphone-nya, menjelang waktu pengumuman hasil UN. 

pengumuman,hasil UN

Memang, greget pengumuman hasil UN tidak sekuat tahun-tahun sebelumnya. Hal ini sudah diprediksi karena; (a) UN tidak menjadi penentu kelulusan siswa di sekolah, dan (b) siswa calon lulusan SMP/Sederajat sudah mendaftar ke sekolah jenjang berikutnya dan dinyatakan telah diterima.

Pendaftaran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dilakukan tanpa NEM. Sampai pengumuman lulus UN, pada umumnya siswa telah dinyatakan diterima di sekolah jenjang berikutnya. 

Misalnya; ada siswa diterima di sekolah unggul, sekolah favorit dan sekolah reguler lainnya. Namun siswa tersebut harus masih was-was. Pasalnya, sekolah tempat mereka telah diterima tetap menunggu hasil UN dengan batasan nilai tertentu. 

Jika pun lulus UN namun jumlah atau rata-rata nilai persyaratan tidak terpenuhi. Kedudukan siswa jadi terancam untuk bersekolah di tempat yang telah menerimanya. 

Bagi siswa yang dinyatakan lulus UN, dengan jumlah nilai sesuai batas persyaratan diterima di sekolah berikutnya. Tentu langkahnya tak tergoyah lagi untuk bersekolah di tempat yang telah menerimanya itu. Selamat...

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »