Manfaat Berpuasa dalam Aspek Sosial

Manfaat berpuasa dalam aspek sosial – Secara global, berpuasa berarti menahan rasa lapar dan haus dengan sengaja karena Allah SWT.

Rasa lapar dan haus yang ditahan karena ada niat khusus dalam rangka beribadah kepada Allah SWT. Pada bulan Ramadhan berpredikat sebagai ibadah wajib. Setiap orang mukmin dipanggil untuk melaksanakan puasa dengan tujuan mencapai derajat taqwa.

Karena termasuk ibadah maka berpuasa pasti mendatangkan manfaat bagi orang yang melaknakan puasa tersebut. Tidak hanya manfaat terhadap kesehatan tubuh dan organ tubuh melainkan juga bermanfaat dalam matra sosial.

manfaat,sosial,berpuasa

Manfaat berpuasa dalam dimensi sosial antara lain:

1.Menanamkan nilai kebersamaan

Puasa Ramadhan diwajibkan kepada orang-orang yang beriman. Orang yang melaksanakan segala perintah dan menghentikan semua larangan-Nya. Orang muslim yang beriman akan merasakan bagaimana lapar dan haus.

Tidak pandang kaya atau miskin, fakir atau miskin, berpangkat atau tidak, pemulung, pejabat, dan lain sebagainya. Nilai ibadah puasa yang diperoleh tergantung pada niat dan keikhlasan menjalankan ibadah puasa.

2.Menyempatkan diri berbuat kebaikan

Orang berpuasa dianjurkan berbuat baik kepada sesama yang diwujudkan dengan saling memberi dan menerima. Yang mampu bersedekah kepada yang kurang mampu dengan ikhlas. Yang menerima sedekah menerimanya dengan penuh rasa syukur. Mendoakan orang tersebut murah riskinya.

Orang yang berkelebihan mendapat riski dari Allah berkesempatan baik untuk membagi-bagikan riskinya kepada orang yang membutuhkan. Itu pertanda riski yang berlimpah diberikan Allah digunakan dijalan Allah sehingga menjadi berkah.

3.Membentuk karakter sosial empati

Puasa akan membentuk pribadi yang memiliki rasa sosial dan empati. Kenapa tidak? Aturan berpuasa berlaku sama untuk setiap orang beriman. Tidak pandang kaya dan miskin.

Bagi orang yang mampu dan berkecukupan. Sering menikmati makanan dan minuman yang nikmat. Saatnya berpuasa adalah saat-saat yang mengingatkan pada orang yang fakir dan miskin.

Beginilah rasanya menahan lapar dan haus sebagaimana sering dialami oleh fakir dan miskin. Perasaan ini akan menumbuhkan rasa empati yang dalam sehingga menimbulkan kepedulian sosial.

Ketika hidup berkecukupan dan mewah, ingat pula orang lain yang serba berkekurangan dalam hidup. Tunjukan kepedulian secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagi riski kepada orang lain.

Orang-orang demikian akan mengutip buah manis puasa ramadhan dan membuat hidup bahagia dan bermakna. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Insyaallah.


Share this :

0 Response to "Manfaat Berpuasa dalam Aspek Sosial"

Poskan Komentar