Mengapa Perlu Berpikir Positif?

Mengapa perlu berpikir positif? – Jawaban yang paling sederhana adalah berpikir positif akan membuat otak dan tubuh menjadi sehat. 

Seseorang akan terhindar dari penyakit dan gangguan fungsi tubuh lainnya. Boleh jadi seperti itu. Orang yang selalu berpikir positif nampak hidup lebih tenang, nyaman dan tentram. 

Lebih dari itu mereka terhindar dari risiko yang tak diingini. Organ tubuh seperti otak memiliki kinerja yang lebih bagus.

Kita sudah maklum, godaan untuk berpikir sebaliknya selalu ada. Terutama sekali ketika menghadapi berbagai persoalan dalam pergaulan sosial. Di rumah, di kantor atau di tempat dimana bergaul dengan manusia lain di lingkungan sekitarnya.

perlu,berpikir,positif,

1.Berpikir positif hadapi masalah

Hidup merupakan serangkaian masalah yang harus diselesaikan satu per satu. Tidak seorang pun yang luput dari jeratan masalah hidup dan kehidupan. Yang membedakan antara orang  perorang adalah bagaimana kecerdasannya mengelola masalah tersebut menjadi sesuatu yang berpotensi untuk kematangan diri.

Modal utama untuk mewujudkan sasaran tersebut adalah berpikir positif. Melakukan respon yang baik terhadap permasalahan yang dihadapi. Bersangka baik (husnuzon) terhadap situasi dan kondisi yang dihadapi.

Kontradiksi dengan kondisi di atas. Coba kita amati orang-orang yang berada di sekitar kita. Mereka yang selalu berpikiran negatif cenderung menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak tenang. Mudah emosi dan sentitif.

Setiap menghadapi masalah nampak kekalutan dan kebuntuan yang luar biasa. Cenderung mengepalkan tangan dengan penuh rasa geram. Ucapan dan tubuh kadang-kadang terlihat gemetar. Pendek kata, orang tersebut tampak tidak tenang.

2.Berpikir positif itu jadi sehat

Mengapa berpikir positif sehat?  Otak dikenal sebagai pusat pengendali semua organ tubuh. Kesehatan otak akan mempengaruhi bagaimana otak merespon semua peristiwa yang terekam.

Sugesti berpikir positif pada otak membuat jaringan di seluruh tubuh akan merespon dengan memaksimalkan kinerja tubuh itu sendiri. Jika ada masalah maka otak, secara langsung akan mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan untuk dapat memecahkan masalah tersebut dengan baik.

Proses kerja otak mencari solusi dengan sistematis akan memaksimalkan kerja organ tubuh lainnya seperti mata, jantung, paru-paru dan organ penting lainnya.

Artinya, otak akan memerintahkan fungsi kerja organ tubuh lainnya untuk bekerja dengan baik dan sebagaimana mestinya. Itulah yang menyebabkan otak dan organ tubuh bekerja dengan baik sehingga tubuh dan otak menjadi lebih sehat.

3.Berpikir positif cegah konflik sosial

Tidak jarang konflik sosial di lingkungan pergaulan sehari-hari justru berawal dari sikap selalu berpikir negatif, mudah curiga dan syak wasangka. Oleh sebab itu perlu berpikir positif untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik sosial dalam pergaulan.

Jadi, setiap orang memang perlu berpikir positif dalam merespon setiap masalah yang dihadapi. Bahwa masalah itu sesungguhnya bukan untuk dihindari melainkan dihadapi dengan baik. 

Tubuh menjadi sehat, otak pun menjadi bugar dan iklim pergaulan sosial terjaga dengan harmonis.

Share this :

1 Response to "Mengapa Perlu Berpikir Positif?"

  1. berpikir positif juga hrus pada tempatnya..
    bner bgtu gk om ? :)

    BalasHapus