Pertimbangan Memilih Warna Cat Rumah

Pertimbangan memilih warna cat rumah – Setiap orang akan memiliki rasa dan selera tersendiri terhadap warna. Begitu pula terhadap pemilihan warna cat rumah yang diingini.

Pemilihan warna cat rumah juga didasarkan pertimbangan tertentu. Misalnya, lokasi rumah dan lingkungan di sekitar rumah, kepribadian dan karakter pemilik rumah, dan lain sebagainya.

Lingkungan rumah nuansa hijau

Rumah kami tidak berlokasi di pinggiran jalan raya. Melainkan berada di pinggiran kebun buah-buahan dan karet. Otomatis suasana alam sekitar rumah dinominasi oleh warna hijau.


Nuansa hijau berasal dari daun tanaman yang ada di pekarangan rumah. Ada pohon rambutan besar. Karena sudah berusia tua, batang tanaman ini cukup besar dengan dahan dan ranting yang banyak. Daun rambutan juga semakin rimbun.

memilih,warna cat,rumah minimalis

Ada pula tanaman buah sawo yang banyak khasiatnya untuk kesehatan. Kemudian di selingi juga oleh tanaman jeruk nipis yang memiliki multi-manfaat. Yang tak kalah menarik adalah tanaman buah mangga yang nyaris mati karena sudah terlalu tua.

Tanaman hijau lain sebagai lingkungan sekitar rumah adalah tumbuhan pepaya dan tanaman obat seperti daun betadine, kumis kucing, sambiloto, dan lain sebagainya.

Selain sebagai sumber buah-buahan dan obat-obatan keluarga, tanaman di sekitar rumah juga berfungsi sebagai laboratorium belajar bagi anak kami. Baik yang masih di bangku sekolah maupun yang sudah menduduki bangku perkuliahan di perguruan tinggi.

Warna kontras lebih sesuai

Berdasarkan pertimbangan itulah, rumah bergaya minimalis (?) itu kami pilih warna cat yang kontras. Pilihan warna jatuh pada warna kuning cemerlang sebagai warna utama untuk cat dinding.

Daun pintu warna krim, kusen pintu warna maron. Begitu pula kusen jendela berwarna maron dan daun jendela dipilih warna krim. Ternyata dengan pemilihan warna seperti itu, rumah kelihatan berwarna cerah dan segar dengan lingkungan berwarna hijau.

Di dalam rumah dipilih warna kuning agak lebih tua. Warna ini akan terlihat lebih cerah ketika diterpa sinar lampu kripton. Anak-anak menjadi betah dan semangat belajar.


Begitu juga dengan aku yang bekerja di ruang khusus redaksi matrapendidikan.com. Semakin bergairah untuk berlama-lama berada di depan layar komputer yang  sudah berusia tidak baru lagi.

Share this :

0 Response to "Pertimbangan Memilih Warna Cat Rumah"

Poskan Komentar