4 Tips Agar Guru Tampil Percaya Diri dalam Mengajar

4 Tips agar guru tampil percaya diri dalam mengajar - Guru adalah sosok sentris yang tampil di depan kelas.

Seorang guru akan menjadi perhatian oleh sekian pasang mata ketika mengajar. Dapat dibayangkan, sekian siswa dengan beragam karakter memberikan perhatian dan apresiasi terhadap penampilan guru di depan kelas.

Saat guru mengajar, saat itu pula siswa mengamati penampilan guru. Mulai dari ujung rambut sampai ujung sepatu. Diyakini, tidak semua siswa yang memusatkan perhatian pada apa yang dibicarakan guru.

tips,tampil,percaya diri,mengajar

Bisa jadi sebagian siswa lebih tertarik untuk memperhatikan tampilan guru ketimbang materi pelajaran yang sedang dibahas. Oleh sebab itu, terutama guru baru atau calon guru yang sedang melaksanakan praktik lapangan, perlu tampil optimal ketika mengajar.


Berikut tips penting agar guru tampil penuh percaya diri ketika melaksanakan pembelajaran.

1.Pakaian dan penampilan

Agar tampil percaya diri di hadapan siswa, guru perlu berpenampilan rapi dan menarik. Mulai dari rambut, pakaian, sepatu, sampai pada asesoris yang dikenakan. Semua ini akan berpengaruh pada motivasi dan perhatian siswa dalam belajar.

Kelainan atau kejanggalan dari tampilan berpakaian ini akan menyebabkan terganggunya perhatian dan konsentrasi belajar siswa. Misalnya kesalahan dalam memilih sepatu untuk mengajar.

2.Penguasaan materi ajar

Guru yang kurang menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan membuat proses pembelajaran menjadi tersendat-sendat. Guru akan sering membuka buku sumber sehingga perhatiannya berkurang pada siswa.

Kegaduhan suasana belajar sering berawal dari tersendatnya proses pembelajaran. Oleh sebab itu, agar tampil penuh percaya diri, guru benar-benar menguasai materi pelajaran yang akan diajarkan. Dengan demikian guru akan mudah untuk mengelola kelas.

3.Gaya mengajar

Setiap guru memiliki gaya mengajar tersendiri. Gaya mengajar guru adalah khas sehingga menjadi pembeda satu guru dengan guru lainnya. Ada guru yang suka mengajar banyak duduk.

Ada pula yang senang berdiri, selalu mengitari ruang kelas. Sepatu dan bunyi detak langkah guru ketika berjalan mengitari ruang kelas, menjadi hal spesifik bagi masing-masing siswa.

Agar tampil percaya diri dalam mengajar perlu adanya variasi gaya mengajar sehingga menarik perhatian siswa. Tentunya akan menjadi motivasi tersendiri bagi siswa dalam menerima materi pelajaran yang diajarkan guru.

4.Cara berbahasa dan berbicara

Barangkali poin ini menjadi sangat penting dan menentukan keberhasilan guru tampil percaya diri ketika mengajar. Siswa dengan mudah mengetahui karakter guru melalui cara berbahasa dan berbicara.

Cara berbahasa dan berbicara guru yang bervariasi dan diselingi humor lebih disenangi oleh siswa.

Ketika berbicara hendaknya guru selalu mengarahkan perhatian pada siswa, jangan sering melihat ke luar ruangan karena hal ini dianggap kurang menghargai siswa. Guru harus dapat mengedarkan pandangan ke seluruh ruangan. Tidak selalu terfokus pada siswa tertentu.

Share this :

0 Response to "4 Tips Agar Guru Tampil Percaya Diri dalam Mengajar"

Poskan Komentar