Tips Ringan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa

Tips ringan agar tetap sehat selama berpuasa – Sangat sulit membayangkan bagaimana proses biologis yang berlangsung dalam tubuh setiap hari. 

Misalnya; sistem pencernaan, peredaran darah, pernapasan, dan sistem lain sebagainya.

Sistem pencernaan melibatkan alat-alat pencernaan makanan. Mulai dari rongga mulut sampai pada anus. Alat-alat pencernaan bekerja secara sistematis. Ketika makanan dan minuman di masukkan ke dalam rongga mulut.

Alat pencernaan ini akan bekerja ibarat mesin pabrik. Usai tugas rongga mulut, makanan dan minuman diteruskan ke dalam lambung, usus besar  dan usus halus, kemudian berakhir pada anus.

tips,sehat,berpuasa,ramadan

Berpuasa selama bulan Ramadhan berarti telah mengurangi volume kerja alat pencernaan manusia. Sebelas bulan, alat pencernaan ini boleh dikatakan kerja berat mengolah makanan. Satu bulan kapasitas kerja ini akan berkurang.

Berkurangnya volume kerja sebagian alat pencernaan ini, terutama pada siang hari saat berpuasa tidak akan mengganggu proses metabolisme tubuh. Justru sebaliknya. Memberi kesempatan beristirahat sebagian alat pencernaan manusia.

Agar tubuh tetap sehat selama berpuasa, berikut ini diketengahkan beberapa tips ringan untuk anda.

1.Puasa itu menyehatkan tubuh

Pemahaman ini perlu bagi setiap orang berpuasa di bulan Ramadhan. Aktivitas sebagian alat pencernaan semakin berkurang. 

Berkurangnya volume kerja, misalnya lambung, akan mengurangi berbagai penyakit yang bersumber dari lambung.

2.Pengaturan makan dan minum

Berpuasa berarti mengatur makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Pengaturan itu terjadi pada saat sahur dan berbuka puasa. 

Itu sebabnya mengapa dianjurkan untuk sahur dan menyegerakan berbuka puasa ketika waktu berbuka sudah tiba. Intinya, sahur maupun berbuka tidak makan dan minum yang berlebihan.

3.Tidak tidur setelah sahur

Setelah sahur usahakan tidak segera tidur. Melainkan beristirahat sebentar kemudian beribadah shalat subuh, membaca al Qur’an, dan melakukan olahraga ringan.

Bagi yang bekerja sebagai pegawai kantoran negeri atau swasta, cara ini mengantisipasi keterlambatan untuk sampai di tempat tugas.

4.Tidur siang hari tidak terlalu lama

Istirahat paling baik adalah tidur. Jika ingin tidur siang hari karena keletihan bekerja, sebaiknya tidak terlalu lama. Kalau tidur terlalu lama, tubuh dan perasaan menjadi kurang segar. Merasa letih dan lelah.

5.Perbanyak ibadah

Ibadah, misalnya salat ternyata mengandung nilai olahraga fisik dan otak. Salat tarwih sekian rakaat ditambah witir ternyata dapat menyehatkan tubuh.

Selesai salat sunat ini, tubuh terasa hangat bahkan berkeringat. Ini menandakan gerakan dan bacaan salat menjadi olahraga ampuh untuk menyehatkan jasmani dan rohani.

Share this :

0 Response to "Tips Ringan Agar Tetap Sehat Selama Berpuasa"

Poskan Komentar