Wali Kelas Itu Orangtua Siswa Kedua?

Wali kelas itu orangtua siswa kedua? – Menjadi wali kelas bukanlah persoalan yang ringan. Tugas dan peranan wali kelas tidak hanya sekadar mengisi rapor dan membagikannya kepada orangtua siswa.

Selain tugas administratif, tugas wali kleas bersifat bimbingan kepada siswa. Bimbingan itu meliputi aspek akademik dan perkembangan kepribadian peserta didik yang menjadi bimbingannya.

Tidak berlebihan jika dikatakan wali kelas itu menjadi orangtua siswa kedua setelah orangtuanya di rumah. Wali kelas harus memahami kondisi siswa secara mendalam. Mulai dari karakter dan kepribadian, kondisi sosial dan ekonomi orangtua siswa.

tugas,peran,wali kelas

Hal paling penting tugas wali kelas adalah berkomunikasi dengan orangtua siswa di rumah. Namun bukan berarti setiap ada masalah siswa harus di informasikan kepada pihak orangtua siswa.

Sebelum diinformasikan kepada orangtua merea, wali kelas perlu mencari alternatif pemecahan masalah terlebih dulu. Mengatasi masalah belajar dan perkembangan siswa, wali kelas itu tidak sendiri di sekolah.

Ada guru mata pelajaran, guru bimbingan dan penyuluhan dan guru lainnya. Komponen ini menjadi mitra kerja bagi para wali kelas dalam mengatasi permasalahan belajar dan kepribadian peserta didik.

Pemilihan wali kelas oleh pihak manajemen sekolah, mungkin perlu memperhatikan kemampuan wali kelas. Namun harus diakui, tidak seorang pun guru yang sempurna dalam memainkan peranannya sebagai orangtua siswa kedua itu.

Paling tidak pihak sekolah memiliki kategori tersendiri tentang wali kelas yang ideal. Dengan demikian proses bimbingan akademis dan kepribadian siswaakan berjalan lancar.  

Share this :

0 Response to "Wali Kelas Itu Orangtua Siswa Kedua?"

Poskan Komentar