3 Penyebab Siswa Tidak Naik Kelas

3 Penyebab siswa tidak naik kelas – Tinggal kelas atau tidak naik kelas menjadi momok bagi setiap siswa. Tak seorang siswa pun yang ingin mengalaminya.

Tidak hanya masalah waktu dan harga diri, melainkan juga masalah biaya sekolah yang dikeluarkan. Jika tinggal kelas, siswa mengalami kerugian dari segi waktu dan biaya sekolah selama setahun.

Namun sangat disayangkan, sebagian kecil siswa baru menyadari dan merasakan kerugian itu setelah pengumuman kenaikan kelas. Memang, penyesalan itu tak pernak datang lebih awal. Selalu datang di kemudian hari.

Informasi tentang kenaikan kelas sebenarnya sudah sering diberikan kepada siswa maupun orangtuanya. Bagaimana proses kenaikan kelas seorang siswa juga diberitahu hampir saban hari oleh guru di sekolah.

penyebab,siswa,tinggal kelas

Mengapa tinggal kelas?
Pertanyaan seperti ini hanya sekadar retorika karena siswa maupun orangtuanya sudah menerima informasi tentang hal ini. Namun dalam kesempatan ini akan dibahas kembali tentang 3 penyebab siswa tinggal kelas.

1.Tidak memenuhi KKM mata pelajaran

Siswa tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 3 mata pelajaran atau lebih. Guru mata pelajaran sudah memberikan kesempatan untuk remedial namun masih banyak siswa yang tidak mengindahkannya.

2.Sikap dan tingkah laku

Yang tinggal kelas tidak selalu anak yang berkemampuan kurang dalam dalam belajar. Anak pintar bias saja gagal untuk naik kelas bila sikap dan tingkah lakunya kurang baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai kurang pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kewarganegaraan, estetika dan jasmani, olahraga dan kesehatan.

3.Prosentase kehadiran tidak mencukupi

Sekolah menetapkan prosentase kehadiran untuk naik kelas. Jika tidak memenuhi target kehadiran tersebut siswa akan tinggal kelas. Kenapa tidak mencukupi? Mungkin siswa malas belajar, sering bolos dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui penyebab tinggal kelas maka siswa diharapkan dapat menghindarkan diri dari 3 penyebab tinggal kelas tersebut. Bagi yang terlanjur tinggal kelas masih ada kesempatan untuk memperbaiki kekurangan. Mengulang kembali di kelas yang sama untuk dapat naik kelas tahun pelajaran ini.

Share this :

0 Response to "3 Penyebab Siswa Tidak Naik Kelas"

Poskan Komentar