5 Tips dan Cara Menyikat Gigi untuk Anak Sekolah

5 Tips dan cara menyikat gigi untuk anak sekolah – Menyikat gigi bertujuan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan kotoran yang menempel pada rongga mulut. Selain itu menyikat gigi juga menghindari bau mulut dan mencegah kerusakan pada gigi.

Pada umumnya anak sekolah sudah melakukan menyikat gigi ini. Baik sebelum berangkat sekolah maupun malam hari sebelum tidur. Namun kebanyakan anak sekolah hanya sekadar menggosok gigi.

Menyikat gigi bukan hanya masalah frekuensi atau jumlah kali menyikat gigi. Yang tak kalah penting adalah memperhatikan cara menyikat gigi yang benar. Mengapa ini penting?

tips,cara,menyikat gigi

Menyikat gigi dengan benar berjuan untuk mencegah timbulnya dampak kurang baik terhadap gigi maupun bagian gusi. Oleh sebab itu coba diikuti tips dan cara berikut ini!

1.Gunakan sikat gigi yang lembut

Sekarang sudah tersedia banyak sikat gigi yang bagus untuk menyikat gigi. Begitu pula odol pembersih yang beraneka ragam sesuai pilihan yang disukai.

2.Bersihkan gigi dan rongga mulut dengan lembut

Usahakan jangan terlalu kuat ketika menyikat gigi. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada gusi maupun email gigi. Sebaliknya terlalu lemah tidak akan membersihkan gigi dari sisa makan dan kotoran yang menempel pada gigi.

3.Gerakan menyikat gigi

Mungkin arah dalam menyikat gigi, tidak mesti dengan arah vertikal atau horizontal. Menyamping ke kiri atau kanan deretan gigi. Atau ke arah gigi bagian atas ke deretan gigi bawah.

Yang paling penting diperhatikan adalah jangan tergesa-gesa ketika menggerakkan sikat gigi. Kalau tergesa-gesa bisa jadi bagian urat gigi atau gusi tertabrak oleh bagian punggung sikat gigi. Sakit bukan?

4.Minimal dua kali sehari

Anak sekolah menyikat gigi minimal dua kali sehari. Pagi sebelum berangkat sekolah dan malam hari. Nah, yang sering terlupa adalah menyikat gigi malam hari menjelang tidur. Iya, ‘kan?

5.Berwuduk

Berwuduk juga waktu yang tepat membersihkan gigi. Salah satu rukun wuduk adalah berkumur-kumur sembari membersihkan mulut. Telunjuk dan jari lainnya digunakan untuk menyikat gigi. Bagi anak sekolah muslim akan berwuduk minimal 5 kali sehari semalam.


Demikian 5 tips dan cara menyikat gigi khususnya untuk anak sekolah. Dengan menerapkan kelima poin di atas mudah-mudahan anak sekolah akan memiliki gigi yang sehat. Belajar jadi nyaman karena terhindar dari sakit gigi dan gannguan mulut lainnay.

Share this :

0 Response to "5 Tips dan Cara Menyikat Gigi untuk Anak Sekolah"

Poskan Komentar