Cara Mudah Bersihkan Getah Nangka

Cara mudah bersihkan getah nangka – Nangka atau cempedak merupakan tanaman buah yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Hampir semua orang menyukai buah nangka yang sudah masak. Buah nangka masak mempunyai warna dan aroma yang mengundang selera.

Tidak hanya nangka yang sudah masak, nangka masih muda pun dapat digunakan sebagai bahan kuliner. Misalnya membuat bahan lontong sayur nangka,  rendang nangka muda, dan lain sebagainya.

Di balik rasa dan aroma, getah yang dikeluarkan oleh buah nangka cukup menjengkelkan. Getah ini dapat melekat pada tangan saat mengkonsumsinya. Bahkan dapat pula melekat pada pakaian.

Begitu pula saat mengolah bahan nangka muda. Saat menguliti buah nangka muda sangat banyak mengeluarkan getah. Tidak hanya mengenai tangan namun alat-alat yang digunakan dapat berlumur getahnya.

cara,membersihkan,getah nangka

Tapi anda tak perlu jengkel dengan getah nangka. Getah nangka dapat dibersihkan dengan mudah. Berikut ini adalah uraian bagaimana cara bersihkan getah nangka.

Ketika pakaian tekena getah nangka, olesi bagian yang terkena getah dengan sedikit minyak goreng. Kemudian dibersihkan dengan kain atau pakaian segera dicuci setelah diolesi minyak goreng.

Begitu pula saat anda memakan nagka masak. Setelah tangan Anda dilumuri getah nangka, segera gunakan sedikit minyak goreng yang diolesi pada bagian yang terkena getah. Termasuk saat membuka kulit buah nangka muda, oleskan minyak goreng pada tangan dan peralatan yang digunakan.

Sebenarnya, untuk membersihkan getah nangka muda juga bisa menggunakan minyak tanah. Tangan atau pakaian yang terkena getah nangka diolesi dengan minyak tanah dan kemudian dicuci pakai sabun sampai bersih.

Namun cara ini tidak dianjurkan untuk membuka kulit buah nangka muda. Dikhawatirkan rasa minyak tanah akan merusak daging buah nangka muda.

Share this :

0 Response to "Cara Mudah Bersihkan Getah Nangka"

Poskan Komentar