Fungsi Penting Liver yang Perlu Diketahui

Fungsi liver yang perlu diketahui – Liver atau yang lebih familiar disebut hati merupakan alat ekskresi penting bagi manusia di samping ginjal, kulit dan paru-paru. Liver mengeluarkan hasil ekskret berupa cairan empedu.

Liver terletak dalam rongga perut sebelah kanan, di bawah sekat rongga dada. Liver berwarna merah tua dengan berat lebih kurang 2 kilogram pada orang dewasa. Posisi liver tepat berada di atas ginjal sebelah kanan. 

Ini menyebabkan posisi ginjal kanan menjadi lebih rendah daripada ginjal kiri. Simak kembali : Mengenal Struktur Ginjal Manusia

tips,menjaga,kesehatan,liver


Fungsi penting dari liver yang perlu diketahui antara lain:

1.Menghasilkan empedu

Empedu dihasilkan berasal dari perombakan sel darah merah yang telah rusak. Warna empedu yang dihasilakan kehijau-hijauan. Hasil perombakan dikeluarkan dan ditampung pada kantong empedu.

2.Mengubah zat gula menjadi glokogen

Glikogen adalah gula otot yang menjadi sumber energi bagi manusia untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Glikogen berasal dari glukosa yang diubah oleh hormon insulin menjadi gula otot dan disimpan pada hati sebelum diperlukan untuk melakukan aktivitas.

3.Sebagai detoksifikasi

Hati juga berfungsi sebagai detoksifikasi bagi racun yang terdapat dalam tubuhtubuh. Sebagai detoks, hati dapat menawarkan dan membunuh bibit penyakit serta menetralkan racun dalam tubuh.

4.Tempat pembentukan protrombin

Protrombin bersama fibrinogen berguna dalam proses pembekuan darah ketika terjadi luka pada bagian tubuh. Ketika bagian tubuh terluka darah akan keluar dan ditutupi oleh protrombin dan fibrinogen sekaligus mencegah terjadinya penggumpalan darah.

5.Mengubah amoniak menjadi bentuk urea

Urine sebagai hasil ekskresi pada manusia mengandung amoniak dan ketika pnyaringan terjadi hati menambahkan urea sebagai hasil perombakan asam amino. Maka dikatakan hati berfungsi untuk merubah amoniak menjadi urea yang berasal dari asam amino.

6.Mengubah provitamin A menjadi vitamin A

Provitamin A merupakan vitamin yang dapat terlarut dalam lemak yang disimpan di liver. Sebelum diedarkan ke seluruh tubuh provitamin A diubah menjadi vitamin A sehingga dapat dimanfaatkan oleh bagian-bagian tubuh lainnya.

7.Pengeluaran birilubin bersama hasil ekskresi

Zat birilubin harus dikeluarkan dari dalam tubuh dan berwarna kuning. Zat ini dibuang bersama hasil ekskresi dan defekasi seperti urine, tinja dan kotoran pada telinga. Itu sebabnya mengapa urine, tinja dan kotoran di telinga berwarna kuning karena mengandung zat birilubin.

Itulah 7 fungsi hati yang perlu diketahui. Untuk melengkapi bacaan ini ada baiknya disimak juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Liver

Share this :

0 Response to "Fungsi Penting Liver yang Perlu Diketahui"

Poskan Komentar