Kandungan Urine yang Perlu Diketahui

Kandungan urine yang perlu dikatahui – Sistem ekskresi pada manusia ternyata memang unik. Zat sisa hasil metabolisme yang tidak berguna bagi tubuh akan dikeluarkan melalui alat-alat ekskresi.

Sampah metabolisme tubuh harus dikeluarkan dari tubuh karena bersifat racun. Jika tidak dikeluarkan akan menimbulkan berbagai penyakit. Alat-alat ekskresi pada manusia harus berfungsi dengan baik agar tidak menimbulkan masalah bagi tubuh.

Ginjal merupakan salah satu alat ekskresi utama bagi manusia.  Fungsi ginjal adalah untuk menyaring darah. Hasil penyaringan darah berupa kelenjar (hormon dan enzim) akan dimanfaatkan kembali oleh tubuh.

kandungan urine,sisa metabolisme,ekskresi

Proses penyaringan darah terjadi pada kulit ginjal tepatnya bagian badan malpighy. Hasil penyaringan darah yang tidak berguna bagi tubuh  dikeluarkan melalui urine.

Urine merupakan ekskret yang bayak mengandung zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga harus dikeluarkan. Sebagian besar urine orang sehat terdiri dari air. Selain air, dalam urine terkandung zat berikut ini:

1.Sisa pembongkaran protein berupa urea, asam ureat, dan amoniak.

2.Zat warna empedu yang memberi warna kuning pada urine.

3.Garam

4.Zat yang berlebihan dikonsumsi seperti vitamin C dan obat-obatan

5. Hormon yang berlebihan diproduksi oleh tubuh.

Jika ditemukan zat selain dari disebutkan di atas, misalnya zat yang masih dipergunakan tubuh (gula dan protein), itu menunjukkan adanya kelainan atau gangguan pada organ ginjal. 

Kelebihan zat gula menandakan seseorang menderita kencing manis (diabetes).

Share this :

0 Response to "Kandungan Urine yang Perlu Diketahui"

Poskan Komentar