8 Fakta Unik Kebiasaan Siswa Saat Belajar di Sekolah

8 Fakta unik kebiasaan siswa saat belajar di sekolah – Menjadi guru bukanlah profesi mudah untuk dijalankan. Perlu adanya kesabaran menghadapi mereka ketika melaksanakan pembelajaran di ruang kelas.

Namun kesabaran semata belumlah cukup. Diperlukan juga strategi dan cara cerdas untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul selama pembelajaran berlangsung.

Strategi dan cara tersebut ditujukan untuk menyiasati kebiasaan buruk yang sering dilakukan siswa ketika sedang belajar. Kebiasaan unik siswa ketika sedang belajar cenderung mengganggu kelancaran pembelajaran.

kebiasaan siswa,belajar,kelas

Apa saja kebiasaan unik siswa ketika belajar di sekolah? Sekurang-kurangnya ada 8 butir kebiasaan salah yang sering ditunjukkan siswa selama di kelas.

1.Ngobrol dengan teman

Kebiasaan yang paling umum yang sering dilakukan siswa adalah ngobrol dengan teman sebelah ketika guru menerangkan pelajaran di depan kelas. Ini biasanya dilakukan oleh siswa yang duduk pada baris bagian belakang.

2.Menyontek hasil kerja teman

Perilaku menyontek konon sudah berlangsung sejak dulunya. Kebiasaan tersebut belum musnah sampai sekarang. Menyontek hasil pekerjaan teman tidak hanya waktu ujian berlangsung tetapi juga waktu mengerjakan tugas.

3.Permisi tiap sebentar

Minta izin meninggalkan kelas saat belajar tidak dilarang. Namun minta izin tersebut dilakukan siswa hanya sekadar meninggalkan kelas karena bosan duduk dalam kelas. Jika guru terlalu fokus menerangkan pelajaran dan kurang memperhatikan perilaku siswa, kondisi ini bisa berulang kali dilakukan oleh siswa yang sama.

4.Bolos belajar

Sudah sering dibahas tentang siswa bolos belajar. Kebiasaan bolos seorang siswa pada umumnya disebabkan karena memang mereka malas belajar. Saat ulangan atau ujian, jarang terjadi kasus siswa bolos. Itu pertanda siswa menyadari bahwa ulangan atau ujian itu penting karena berkaitan dengan nilai rapor.

5.Ngantuk luar biasa

Ngantuk saat belajar itu hal biasa. Apalagi pada waktu belajar sudah mendekati siang dimana suasana kelas mulai gerah. Ditambah lagi kalau siswa memang sering begadang atau telat tidurnya. Kurang tidur sudah pasti membuat siswa merasa ngantuk berat ketika belajar.

6.Pura-pura serius

Pura-pura serius? Maksudnya, siswa berpura-pura serius mengikuti pelajaran. Pandangan siswa terarah pada guru, matanya melotot memperhatikan guru namun pikirannya melayang entah kemana.

7.Malu bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Pepatah ini kadang-kadang tidak berlaku bagi siswa saat belajar di ruang kelas. Siswa merasa lebih nyaman untuk bersikap diam ketimbang bertanya atau menjawab pertanyaan. Apalagi akhir-akhir ini perlaku mencemooh atau menertawakan teman yang salah semakin membudaya ketika belajar.

8.Pintar mencari alasan

Siswa sekarang sangat pintar membuat alasan. Jika menyadari telah melanggar disiplin belajar, secepat mungkin mereka mencari-cari alasan atau dalih pembelaan diri. Mereka lebih dulu memikirkan kemungkinan jawaban sebagai alasan dari  pertanyaan yang mungkin dilontarkan guru.

Itulah 8 fakta di antara sekian banyak kebiasaan unik siswa ketika sedang belajar di ruang kelas. Dengan memahami fakta tersebut guru dapat menyiasatinya dengan strategi dan cara mengajar efektif. Hal ini akan dapat meminimalkan gangguan atau hambatan dalam pembelajaran.

Share this :

0 Response to "8 Fakta Unik Kebiasaan Siswa Saat Belajar di Sekolah"

Poskan Komentar