Kepedulian Berkelanjutan Orangtua Siswa

Kepedulian berkelanjutan orangtua siswa – Gerakan mengantar anak pada hari pertama sekolah tahun pelajaran 2016/2017 yang dicanangkan pemerintah tentu saja memerlukan tindak lanjut.

Mengantar anak dan bertatap muka dengan pihak guru di sekolah tidak berakhir sampai disana. Bentuk kepedulian orangtua tersebut terus dilanjutkan pada masa-masa berikutnya.

Apa yang didapat dari mengantar anak ke sekolah pada hari pertama sekolah tersebut? Orangtua telah menerima informasi yang banyak dan  mengenal seluk-beluk sekolah.

Mulai dari personil pendidik dan tenaga kependidikan sampai pada lingkungan alam dan sosial sekolah. Tidak ketinggalan program dan cara belajar anak di sekolah itu.

kepedulian,orangtua,pendidikan,sekolah

Jika gerakan mengantar anak ke sekolah sukses dilaksanakan pada hari pertama sekolah (HPS), cukupkah sampai disana?

Gerakan itu sangat positif menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian orangtua terhadap proses pendidikan di sekolah. Namun gerakan itu hendaknya berkelanjutan sampai anak menamatkan pendidikan di sekolah tersebut.

Jika ada panggilan berikutnya oleh pihak sekolah terhadap orangtua siswa, tidak semata menyangkut masalah keuangan. Lebih dari itu saling berbagi informasi antara pihak sekolah dan orangtua siswa mengenai kemajuan sekolah dan proses belajar anak.

Di sisi lain, kendala dan tantangan yang dihadapi sekolah serta memecahkan masalahnya perlu pula diinformasikan kepada pihak orangtua.

Dengan demikian, komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orangtua memegang peranan penting dalam memajukan proses pendidikan di sekolah.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »