Mengantisipasi Penurunan Trafik Blog di Hari Libur

Mengantisipasi penurunan trafik blog di hari libur – Hari libur nasional seperti lebaran, hari-hari besar nasional, dan hari minggu menjadi momentum yang tepat bagi seseorang untuk mengurangi aktivitas rutin. Begitu pula aktivitas membuka browser internet di gadget maupun komputer prubadi.

Hari libur dipergunakan sebagian orang untuk beristirahat setelah keletihan seminggu bekerja. Banyak orang memilih pergi liburan,  bersantai ria atau menyalurkan hobi dan kebiasaan yang menyenangkan. 

Tidak mengherankan jika pada hari libur trafik pengunjung blog atau web akan menurun. Penurunan jumlah pengunjung diikuti dengan melorotnya kunjungan halaman (pageview) unik. Kondisi ini akan berdampak langsung pada pendapatan blogger sebagai publisher, semisal google adsense pada hari-hari libur tersebut.

Menurunnya trafik pengunjung lebih dirasakan lagi pada blog yang pengunjungnya masih dominan bersumber dari desktop, seperti perangkat komputer, laptop dan tablet. Penyebabnya adalah keengganan netter untuk menggunakan perangkat ini untuk melakukan browsing internet pada hari istimewa tersebut.

tips,cara,penurunan,trafik pengunjung,visitor blog

Sebaliknya, untuk browsing orang lebih gampang menggunakan perangkat seluler karena memang lebih praktis dan portabel. Mengantisipasi agar trafik pengunjung tetap stabil di hari libur, ada beberapa alternatif yang perlu diupayakan.

1.Gunakan template mobile friendly

Poin ini sudah tidak asing lagi. Pada musim liburan, para netter lebih cenderung menggunakan perangkat seluler untuk berselancar di dunia maya. Sarana ini lebih mudah digunakan dimana saja. Di kamar tidur, di kamar mandi, di atas kendaraan dan di tempat lain jika pengguna mau.

Oleh sebab itu blog dengan trafik pengunjung dominan bersumber dari perangkat seluler berpeluang besar menjaga kestabilan trafik pengunjung. Kalau pun terjadi penurunan pada hari libur, itu pun dalam batas yang wajar.

2.Usahakan loading blog menjadi lebih ringan

Buat seringan mungkin akses blog manakala hari libur datang. Salah satu cara yang mungkin adalah mencopot beberapa widget. Perkirakan widget mana yang cukup memberatkan loading blog. Untuk sementara, copot widget tersebut. Misalnya widget facebook fans faceebok, google followers, follower, dan lain sebagainya.

3.Kurangi jumlah unit iklan

Mungkin halaman blog sudah diisi dengan sekian jumlah iklan sesuai batas minimum yang diperbolehkan google adsense. Pada hari libur coba dikurangi jumlah slot iklan agar lebih meringankan loading. Terutama unit iklan yang dipasang di bagian sidebar dimana iklan ini biasanya tampil di perangkat seluler pada bagian bawah sekali.

4.Tetap mengupdate postingan

Usahakan untuk tidak libur mengupdate postingan. Artinya, meskipun sedang libur panjang sekalipun, kita usahakan untuk tetap membuat postingan blog. Dalam suasana liburan pengunjung tetap masih dapat membuka artikel terbaru. Ini juga dapat mengusir kejenuhan pengunjung.

5.Tutup sementara kolom komentar

Ini tidak mutlak. Alasannya, blog yang memiliki komentar dan balasan akan membuat pengguna seluler harus mengusap layar sekian kali. Apalagi koneksi internet di tempat pengguna tidak memadai. Lagi pula pengunjung baru kecil kemungkinannnya akan membaca setiap komentar dan balasan yang ada di blog.

Demikianlah 5 trik  untuk mengantisipasi penurunan drastis trafik pengunjung pada saat liburan. Dengan antisipasi ini semoga trafik blog tetap stabil dan pendapatan adsense tidak terlalu melorot. Semoga.

Share this :

0 Response to "Mengantisipasi Penurunan Trafik Blog di Hari Libur"

Poskan Komentar