Tips Ringan Merawat Alat Tulis Anak

Tips ringan merawat alat tulis anak – Apakah anak anda sering bermasalah dengan alat tulisnya? Sering mengeluh atau menangis karena perlengkapan sekolah ini tidak ditemukan, hilang, tercecer, atau lupa dimana ditempatkan setelah digunakan?

Jika anak anda mengalaminya mungin tips ini berguna bagi anda. Tips ringan merawat alat tulis anak. Kenapa tips ringan? Ya, masalah ini sepele atau sering disepelekan oleh anak anda.

Ketika hendak menggunakan alat tulis timbul masalah. Benda yang dicari tidak ketemu. Ini sangat berpengaruh terhadap kesiapan anak untuk memulai kegiatan belajarnya di sekolah maupun di rumah. Proses belajar anak akan terganggu.

Alat tulis anak yang sering bermasalah ketika hendak dipergunakan adalah pena/ballpoint, pensil, mistar/rol, penghapus karet dan alat peruncing pensil. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan antisipasi sejak awal.

tips,cara,merawat,alat tulis,anak

1.Sediakan tempat menyimpan alat tulis

Sebaiknya sediakan tempat atau kotak penyimpan alat-alat tulis yang kecil. Biasanya tempat penyimpanan ini dalam bentuk dompet dari bahan kain maupun plastik. Namun sangat disayangkan, hanya anak perempuan yang mau menggunakan dompet penyimpanan alat tulis ini.

2.Alat tulis diberi label nama

Memberi label nama semua alat tulis anak bukan bermaksud jelek terhadap teman sekolah. Jika alat tulis hilang dan ditemukan akan mudah diketahui pemiliknya. Orang yang menemukan akan memberikannya pada pemiliknya.

Caran memberi label alat tulis anak yaitu, tulis nama anak (kalau bisa lengkapi dengan kelasnya) pada kertas putih. Kemudian potongan kertas label nama disesuaikan dengan tempat pada bagian alat tulis yang akan ditempeli. 

Untuk menempelkannya gunakan selotip tipis dan transparan sehingga nama pada label terlihat dengan jelas. Semoga artikel ringan ini bermanfaat.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »