5 Tips Agar Pikiran Jadi Nyaman

5 Tips agar pikiran jadi nyaman – Pola kehidupan sosial yang dirasa semakin rumit membuat pikiran seseorang sering tidak nyaman dan mudah galau. Kadang-kadang gaya pergaulan sosial tersebut cenderung membuat seseorang mudah marah dan cepat tersinggung. Akibatnya kehidupan sehari-hari dilalui dengan pikiran dan hati yang kurang nyaman. Muaranya adalah terganggunya kesehatan fisik dan psikis.

Psikosomatik menjadi istilah yang cukup populer beberapa tahun silam. Suatu kondisi seseorang dimana terganggunya kesehatan psikis dan berdampak munculnya gangguan terhadap kesehatan fisik pada seseorang. Salah satunya adalah kondisi pikiran yang tidak nyaman, banyak pemikiran sehingga mendatangkan berbagai penyakit pada tubuh orang tersebut.

Menghadapi masalah tersebut, perlu diupayakan alternatif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar pikiran tetap nyaman kendatipun pola dan kehidupan sosial semakin rumit. Hidup merasa lebih bermakna dari hari-kehari. Kondisi fisik dan psikis tetap terjaga dengan baik. Melakukan aktivitas rutin sehari-hari tetap bersemangat dan penuh keceriaan.
Baca : 7 Tips jitu Agar Anda Bekerja Tetap Ceria

tips,cara,pikiran,nyaman

1.Bersangka baik

Bersangka baik terhadap sesuatu menjadi langkah terbaik menjaga ketenangan pikiran. Segala sesuatu yang terjadi dan dialami ditanggapi dengan berpikir positif. Bersangka baik tidak hanya kepada manusia, terhadap sang Pencipta penting untuk bersangka baik.

2.Berdoa dan tawakal

Hati seseorang akan tentram dengan mengingat Allah. Berzikir usai melaksanakan ibadah shalat menjadi cara ampuh untuk membuat pikiran tetap nyaman. Berdoa meminta kelapangan dari kesulitan dan masalah.

Allah pasti menolong hamba-Nya yang mengalami kesulitan. Oleh sebab itu segala sesuatunya diserahkan dengan ikhlas kepada Allah SWT. Segala sesuatunya berasal dari Allah oleh sebab itu kembali diserahkan kepada-NYA.

3.Hidup sederhana

Sebaik-baik perkara adalah pertengahan. Pola hidup sederhana merupakan implementasi dari perkara pertengahan dimaksud. Tidak berlebihan namun tidak pula berkekurangan.
Perilaku hidup mewah membuat pikiran bekerja keras dan kadang-kadang membuat pikiran tidak tenang. Oleh sebab itu hindari perilaku hidup mewah dan terapkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

4.Selalu bersyukur

Bersyukur terhadap apa yang diterima termasuk langkah yang baik untuk membuat pikiran menjadi nyaman dalam hidup. Bersyukur artinya merasa cukup dengan segala sesuatu yang diterima.

Jika riski yang diterima dirasa jumlahnya sedikit, mungkin itu lebih baik. Boleh jadi jika riski banyak akan membuat seseorang menjadi tidak bersyukur dan lupa diri.

5.Menahan diri

Menahan diri atau sabar memang sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ketika menghadapi orang lain, seperti guru menghadapi murid di dalam kelas atau rekan kerja di kantor. Perilaku dan perlakuan mereka seringkali menguji kesabaran.

Jika tidak kuasa menahan diri, bukan mustahil seorang guru akan marah melulu kepada murid atau rekan kerja di kantor. Kondisi ini tidak menguntungkan sehingga mengganggu ketenangan berpikir seseorang.

Itulah 5 tips alternatif membuat pikiran menjadi nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Share this :

0 Response to "5 Tips Agar Pikiran Jadi Nyaman"

Poskan Komentar