9 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

9 Hal sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh - Anda pasti memiliki kesibukan setiap hari. Sibuk bekerja atau belajar serta aktivitas lainnya. Itu yang membuat anda sering kali mencari tips dan cara agar tetap sehat selama sibuk melakukan aktivitas harian.

Banyak hal kecil dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan hingga tua nanti. Berikut ini tips dan cara agar tetap sehat dari hal terkecil. Yuk disimak!

1.Sering cuci tangan

Cuci tangan adalah cara utama untuk dapat mencegah diri anda terjangkit penyakit. Tidak ada istilah mencuci tangan terlalu banyak. Yang ada kebanyakan orang tidak mencuci tangan dengan baik dan benar.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum anda makan, setelah buang air besar dan kecil atau setelah menggunakan toilet, dan setelah bersin atau pun batuk.

menjaga kesehatan,kesehatan tubuh

2.Pastikan area kerja tetap bersih

Kebanyakan meja merupakan lokasi bakteri yang jumlahnya ratusan kali lebih banyak dibandingkan toilet duduk. Area kerja anda harus tetap rapi dan terorganisir dengan baik.

Cobalah untuk merapikan meja anda selama lima menit setiap hari sebelum akan pulang. Menjaga kebersihan dengan mengelap dan menyemprotkan sanitizer ke meja anda khususnya permukaan meja yang sering anda gunakan.

3.Pastikan tersedia hand sanitizer di meja anda

Seperti yang ditulis sebelumnya, banyak mencuci tangan akan jauh lebih baik. Tetapi ketika anda bekerja anda tidak mungkin bisa melakukan ini dan selalu pergi dari meja anda. Untuk memudahkan anda, seperti setelah anda bersin atau batuk, segera gunakan hand sanitizer.

4.Minum lebih banyak air

Tidak mengalami dehidrasi sangat penting agar memiliki produktivitas, energi dan kesehatan yang baik. Air membantu anda tetap konsentrasi dan segar, dan membantu anda untuk berpikir jernih.
Membeli botol atau tempat minum yang besar dapat membantu anda untuk tetap berada di meja sehingga tidak perlu sering bolak balik untuk mengisis ulang.

5.Hindari orang yang tidak sehat atau menunjukkan gejala-gejala penyakit

Bila mungkin, hindari untuk berinteraksi dengan orang yang sedang sakit. Mencuci tangan setelah menghabiskan waktu di atau dekat ruang kerja dari seseorang yang sedang sakit, bersin atau batuk.

6.Makan yang baik dan sehat

Buat rencana makan yang akan dikonsumsi selama seminggu, termasuk apa yang akan anda makan untuk makan siang. Kemudian malam sebelumnya anda bisa membuat atau memesan paket makan siang sehat untuk hari esok harinya. Pastikan untuk menyertakan beberapa protein, salad atau sayuran segar, dan buah segar a memiliki energi yang cukup hingga sore hari.

7.Beristirahat dan keluar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari dan udara segar


Pastikan anda mendapatkan dosis harian vitamin D dengan mendapatkannya di luar ruangan setiap hari. Bahkan pada hari yang sangat sibuk, sangat penting untuk mengambil beberapa menit untuk keluar lalu kembali lagi.

Segarkan diri anda dengan pergi ke luar dengan berjalan-jalan di sekitar kantor atau melakukan meditasi diam-diam selam beberapa menit.

8.Batas asupan kafein


Cobalah untuk mengurangi satu cangkir kopi setiap pagi untuk menghindari hal-hal buruk dikemudian hari. Anda sangat dianjurkan untuk mengurangi asupan kalori dan gula dari kopi tanpa krim atau gula, walaupun rasanya kurang enak tetapi sangat berguna untuk kesehatan anda.

9.Mengelola stres dengan benar

Orang yang hidup di zaman moderen, memiliki kehidupan yang cepat dan sibuk sekali. Dalam sistem ekonomi modern, banyak perusahaan membutuhkan karyawan yang bisa berbuat lebih banyak pada perusahaan. 

Agar anda bisa bekerja efektif dan tetap sehat, anda harus benar-benar belajar untuk mengelola tingkat stres anda. Apakah itu dengan melakukan spa sesekali, waktu bersama keluarga, atau membaca buku yang memotivasi.

Temukan apa yang berguna untuk anda dan luangkan waktu untuk melakukan hal itu. Pastikan untuk mengurus diri sendiri sebagai hal utama, dan menjaga kesehatan anda.

Tips dan cara agar tetap sehat dari hal terkecil akan membawa manfaat besar bagi kehidupan dan kesehatan anda. Selamat mencoba.


Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »