Itik yang Rajin Bertelur

Itik yang rajin bertelur – Beternak menjadi salah satu usaha yang cukup menjanjikan untuk pendapatan (income) keluarga. Apalagi usaha tersebut dalam skala besar.

Oh ya, jika beternak dalam skala besar akan membutuhkan lokasi dan modal yang cukup besar. Namun jika tidak memiliki semua itu, kita bisa melakukannya dalam skala kecil atau hanya sekadar menyalurkan hobi memelihara hewan produktif.

Memelihara itik termasuk penyaluran hobi di kala waktu senggang. Itik akan menghasilkan telur sebagai sumber makanan protein hewani. Beternak itik dapat memenuhi kebutuhan akan gizi anggota keluarga.

itik,bebek,petelur

Itik ini rajin bertelur
Itik termasuk bangsa unggas yang hidup di air maupun daratan. Itik seperti pada gambar di atas, justru suka hidup di daratan. Lebih senang bermain bersama ayam di tanah yang kering.

Uniknya, dua ekor itik betina tersebut nyaris bertelur setiap hari dalam waktu jangka panjang. Setiap pagi pemiliknya memungut telur di kandangnya satu atau dua butir. Jika dikalkulasikan, dalam satu bulan dua ekor itik ini menghasilkan telur 45 sampai 60 butir.

Bila harga satu butirnya Rp. 2000,- maka dalam satu bulan menghasilkan uang antara 90 ribu sampai 120 ribu rupiah.

Akan tetapi, pemiliknya tidak pernah menjual telur itu. Alasannya, demi untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Telur itik itu hanya dikonsumsi setiap hari. Dibuat sebagai teman nasi maupun teh telur.  

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar