Mangenal Istilah Internet dan Intranet

Mengenal istilah internet dan intranet - Kata ‘internet’ tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Di era perkembangan teknologi ini, hampir semua orang telah mengenal internet dan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan.

Dengan adanya berbagai fasilitas dan sumberdaya yang ditawarkan, internet telah menawarkan dan memberi banyak kemudahan. Tak heran jika saat ini pemahaman tentang internet sangat diperlukan oleh hampir semua orang.

Internet berasal dari singkatan kata interconnection network yang secara bahasa sederhana dapat dimaknai dengan sistem jaringan  yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Karena melibatkan jaringan komputer maka istilah internet dapat dimaknai dengan kumpulan komputer  di seluruh dunia yang membentuk sebuah sistem jaringan yang saling berhubungan.

jaringan,internet,intranet

Banyak manfaat yang diperoleh melalui aktivitas jaringan internet. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat kita peroleh manfaatnya melalui jaringan internet:

a.menjelajahi berbagai informasi
b.bertukar informasi melalui email (gmail.com, yahoo.com, dll)
c.bercakap-cakap dengan pengguna lain di seluruh dunia
d.berbagi informasi melalui blog/website
e.bergabung dengan grup pertemanan
f.berbelanja secara online
g.bermain game online
h.menonton film, dll.

Selain internet, dalam jaringan komputer juga dikenal istilah ‘intranet’. Arti kata Intranet adalah jaringan komputer khusus atau privat (private computer network) yang terdapat pada lingkup lembaga atau perusahaan.

Intranet memiliki cakupan daerah kerja yang lebih kecil. Dalam sebuah perusahaan, penggunaan intranet juga memiliki banyak keuntungan. Keuntungan bagi suatu perusahaan yang menggunakan intranet adalah:

a.memperkecil biaya
b.menghemat waktu
c.membangun kerjasama/kolaborasi
d.meningkatkan produktivitas dan efisiensi
e.membentuk jaringan komputer yang saling terintegrasi dan terdistribusi
f.memiliki banyak format

Jadi, internet membentuk jaringan komputer yang lebih luas, mencakup jaringan di seluruh dunia. Sedangkan intranet memiliki cakupan pada areal yang lebih sempit dalam hal ini sebuah instansi atau perusahaan pengguna. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »