Mengapa Tubuh Menggigil Ketika Kedinginan?

Mengapa tubuh menggigil ketika kedinginan? – Kulit berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh manusia. Menjadikan suhu tubuh seimbang dengan suhu lingkungan di luar tubuh.

Selain itu, kulit menjadi indra perasa atau peraba. Kita dapat merasakan sentuhan benda dari luar, serta pengaruh zat kimia. Begitu pula merasakan cuaca dingin atau panas.

Tubuh manusia akan menggigil ketika merasakan cuaca dingin. Dari permukaan kulit terlihat pori-pori kulit membesar dan bulu roma berdiri. Cuaca terasa dingin ketika suhu di luar tubuh lebih rendah dari suhu dalam tubuh. 

Mengapa menggigil? Otot pada lapisan kulit jangat (dermis) sedang berkontraksi. Kontraksi otot  bertujuan untuk menghasilkan panas dan mengimbangi suhu di luar tubuh yang lebih rendah. Akibat kontraksi otot menyebabkan pori-pori kulit melebar dan bulu roma berdiri.

mengapa,tubuh menggigil,dingin

Lapisan kulit jangat memliki pembuluh darah kapiler. Pembuluh darah ini berperan untuk mengangkut darah ke dalam sel kulit. Pembuluh darah kapiler dapat melebar maupun menyempit untuk mengatur suhu tubuh.

Saat cuaca dingin, pembuluh kapiler darah akan menyempit. Saat itu panas tubuh hasil kontraksi otot tidak banyak terlepas ke luar tubuh. Begitu sebaliknya, pembuluh darah melebar ketika suhu di luar tubuh lebih tinggi. Misalnya pada saat terkena terik matahari.

Share this :

0 Response to "Mengapa Tubuh Menggigil Ketika Kedinginan?"

Poskan Komentar