Peranan Kafe Sekolah Terhadap Proses Pendidikan

Peranan kafe sekolah terhadap proses pendidikan – Kafe adalah tempat sederhana dan menarik untuk makan makanan ringan. Di sekolah, kafe ini menyediakan segala kebutuhan makan dan minuman ringan untuk keperluan siswa dan warga sekolah lainnya.

Kafe di sekolah oleh pihak sekolah, namun masyarakat di sekitar sekolah juga bisa mengelola kafe tersebut setelah melalui proses dengan pimpinan sekolah.

Lokasi kafe berada terpisah dengan bangunan sekolah. Kafe ada di sekitar lokasi sekolah namun ada pula yang berada di luar pagar sekolah. Akan tetapi, siapa pun pengelola kafe dan dimana pun lokasinya.

Yang lebih penting adalah keberadaan kafe harus dapat menunjang proses pendidikan di sekolah itu. Menjadi wahana akomodasi kelancaran proses belajar siswa di sekolah dari awal sampai berakhirnya jam belajar di sekolah.

peranan,kafe,sekolah


A.Sarapan pagi

Siswa memang dianjurkan sarapan pagi sebelum berangkat sekolah. Kenyataannnya tidak semua siswa yang menyempatkan diri untuk sarapan. Tentu saja alasannya bermacam-macam. Takut terlambat datang ke sekolah, orangtua siswa tidak sempat menyediakan bahan sarapan, malas sarapan pagi, dan lain sebagainya.

Sebenarnya sarapan pagi hanyalah langkah pertama untuk mendukung kesehatan dan energi tubuh siswa. Sarapan itu hanya bertahan sampai menjelang siang. Selebihnya siswa harus memasok makanan dan minuman agar dapat belajar dengan baik sampai jam belajar berakhir di sekolah. Untuk keperluan ini kafe memegang peranan penting.

B.Peranan kafe di sekolah

Paling tidak, ada 3 peranan penting kafe sekolah dalam menunjang proses pendidikan di sekolah:

1.Menyediakan menu sehat

Di kafe tersedia kebutuhan makan dan minum ringan untuk siswa. Oleh sebab itu setiap kafe yang berada dalam areal maupun luar areal sekolah perlu memperhatikan kesehatan makanan dan minuman yang disediakan.

Ini bertujuan untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan pada siswa. Jika menyediakan makanan dan minuman ringan perlu memperhatikan batas tanggal kadaluarsa makanan tersebut.

2.Menjaga kebersihan lingkungan

Khususnya kafe yang berada dalam lokasi sekolah, tidak hanya memperhatikan menu yang sehat semata. Pengelola kafe di sekolah perlu memperhatikan kebersihan di areal kafe tersebut.

Terutama dari sampah bekas minuman atau makanan yang umumnya dari bahan plastik. Selain itu perlu menyediakan tempat sampah agar siswa tidak membuang sampah di sembarang tempat.

3.Membantu penerapan disiplin sekolah

Kafe yang berada dalam lokasi sekolah berperan penting dalam menunjang penerapan disiplin sekolah. Kafe yang berada dalam sekolah maupun luar lokasi sekolah perlu mendukung penegakan disiplin sekolah.

Dalam hal ini, pemilik atau pengelola kafe di sekolah perlu memperhatikan jam layanan untuk siswa. Jika ada siswa bolos belajar, tidak berperilaku sopan sebagai siswa, perlu memberikan teguran atau melaporkan hal itu pada pihak sekolah.

Share this :

2 Responses to "Peranan Kafe Sekolah Terhadap Proses Pendidikan"

  1. Yang pasti anak-anak ga keluyuran keluar untuk beli jajanan..ya kan Pak Guru..hehhee

    BalasHapus
  2. Kafe sekolah pastinya sangat berguna terutama bagipenyediaan menu dan kudapan yang tetap terjaga kesehatannya para siswa dan dewan guru

    BalasHapus