Semut Ini Terekam Kamera Ponsel Saat Gotong makanan

Semut ini terekam kamera ponsel saat gotong makanan - Bukan main! Sekawanan makhluk kecil ini sedang menggotong makanannya. Makanan sisa yang terjatuh di lantai.

Sempat dijepret dengan kamera handpone selluler (ponsel) oleh seorang anak kecil. Siswa sekolah dasar yang gemar memotret lingkungan sekitar. 

Terekam kamera ponsel ketika kawanan semut ini sedang menggotong makanan kecil. Mungkin makanan ini tak sengaja dibuang oleh manusia. Tidak berarti bagi manusia sehingga terbuang begitu saja. 

Namun bagi makhluk bernama semut, makanan itu sangat berarti dan membuat mereka bersuka ria. 

Kemungkinan makanan ini sudah disapu keluar rumah oleh anggota keluarga anak SD tersebut. Tentu saja agar meja makan dan lantai jadi bersih.

Ternyata memang benar, semut itu makhluk yang hidup tidak sendiri-sendiri. Hidup berkoloni, bergotong royong mengerjakan suatu pekerjaan yang baik. Inilah nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam perilaku semut.

budaya,semut,gotong-royong

Semut sebagai makhluk yang memiliki rasa sosial dan kerja sama yang tinggi. Suka berbagi dengan sesama. Kenapa tidak? Ketika mereka menemukan makanan, tidak akan pernah dimakannya sendiri. 

Melainkan diberitahu kepada kawan-kawannya dan diarak sepanjang kampungnya untuk dibagi-bagikan. Mungkin semut termasuk makhluk yang makmur kehidupannya. 

Selain itu semut suka bergotong-royong. Pekerjaan yang berat sekalipun akan menjadi ringan karena dikerjakan secara bersama-sama. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Itu kata pepatah yang sudah familiar di pendengaran kita. 

Mungkin manusia perlu belajar kembali pada pada perilaku semut. Belajar tentang karakter yang nyaris sudah mulai terkikis oleh perkembangan zaman. Rasa sosial dan sifat gotong-royong!

Share this :

2 Responses to "Semut Ini Terekam Kamera Ponsel Saat Gotong makanan"

  1. Pelajaran yang dapat saya ambil dari artikel ini kita harus mencontoh perilaku baik semut yang suka gotong royong dan saling membantu, tidak sama dengan kita hal nya yang saling egois dan hidup sendiri-sendiri seakan-akan tidak ada kehidupan sosial

    BalasHapus
  2. wah hebatnya seekor semut itu ya pak

    BalasHapus