13 Keutamaan Bulan Muharram

13 Keutamaan bulan Muharram - Bulan Muharram merupakan bulan pertama pada tahun Hijriyah. Ada banyak keutamaan di bulan Muharram, ada 13 macam pahala yang besar untuk dikerjakan pada tanggal 1-10 hari bulan Muharram setiap tahun, yaitu sebagai berikut :

1.Siapa yang berpuasa pada tanggal 1 Muharram, pahalanya sama dengan 30 hari berpuasa.

2.Siapa yang berpuasa pada tanggal 1-3 Muharram, maka Allah akan menuliskan baginya sama dengan 900 tahun beribadah.

3.Siapa yang berpuasa pada tanggal 1-10 Muharram, Allah akan menyediakan/diwariskan surga Firdaus.

4.Siapa yang berpuasa pada tanggal 10 Muharram, maka Allah akan memberikan pahala padanya sama dengan naik haji 10 kali.

5.Siapa yang melapangkan atau mengistimewakan belanja dapur (makanan) dari hari-hari biasanya pada hari ke 10 Muharram, maka dilapangkan oleh Allah hidupnya 1 tahun dengan menyiapkan untuk memuliakan 10 hari bulan Muharram.

keutamaan,bulan muharram

6.Pada hari ke 10 Muharram disunnahkan membaca 1000× " قل هو الله احد " sampai selesai, maka Allah akan memandang dengan pandangan sayang dan dianggap jujur serta sholeh, dan dijuruskan ke dalam orang-orang Shadiqin.

7.Siapa yang menyapu kepala anak yatim pada hari ke-10 bulan Muharram, disertai dengan memberikan sedekah, dan dengan perasaan sayang. Maka sama kita dengan menanam tanaman dalam surga sebanyak rambutnya yang kena dengan tangan kita.

8.Siapa yang mengajarkan seseorang kepada yang baik untuk dunia dan akhirat pada hari ke-10 bulan Muharram, maka Allah menanamkan Nur (cahaya) di hatinya.

9.Siapa yang shalat sunnah 4 rakaat dengan 2 salam pada hari ke-10 bulan Muharram, dengan membaca ayat pendek pada tiap-tiap rakaat dibaca 11 kali surat al-ikhlas sampai selesai, maka diampuni Allah dosanya sebanyak 50 tahun dan dibuatkan baginya mimbar dari nur (cahaya) di dalam surga.

10.Siapa yang mandi sunat pada hari ke 10 bulan Muharram, insya Allah kita tidak akan sakit pada tahun itu.

11.Siapa yang memakai celak dari Mekkah pada ke 10 hari bulan Muharram, maka tidak akan sakit mata selama 1 tahun.

12.Siapa yang ziarah/berjalan ke rumah orang alim pada hari ke 10 bulan Muharram, dengan membaca ayat-ayat atau belajar tentang pengajian. Maka Allah akan memberikan 1000 pahala pada tiap-tiap satu langkah kita menuju ke rumah orang alim tersebut.

13.Pada malam ke-10 bulan Muharram membaca 7×, yaitu ayat seperti di bawah ini (doa hari ke 10 bulan Muharram), siapa yg membacanya, Allah akan menjamin keselamatan padanya.

Bacalah sebanyak 70× :
حسبنا الله و نعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير


Itulah beberapa keutamaan bulan Muharram. Semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis :Difo Faizi Pratama)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »