5 Tips Agar Percaya Diri Tampil di Depan Kelas

5 Tips percaya diri tampil di depan kelas – Ruang kelas belajar (RKB) biasanya terdiri atas 25 sampai 30 orang siswa. Tidak lazim terjadi pergantian siswa dalam satu kelas. Yang biasa terjadi adalah pergantian guru mata pelajaran sesuai jadwal pelajaran yang telah disusun oleh pihak sekolah.

Hampir setiap hari siswa bergaul, berkumpul dan berdiskusi antar sesama siswa dalam satu kelas. Namun demikian, masih ada siswa yang tidak percaya diri tampil di depan kelasnya sendiri untuk berbicara atau keperluan lain. Merasa malu dan kikuk di depan kelas karena  diperhatian oleh sekian pasang mata teman sekelasnya.

Anehnya, di tempat duduk masing-masing siswa berani berbicara, bergurau dengan teman sebelah tempat duduk. Bahkan selama pembelajaran berlangsung, mereka sering mencari perhatian guru dan temannya dengan melakukan perilaku menyimpang.

tips,tampil,percaya diri

Bukankah ketika ditegur guru justru siswa itu telah menjadi perhatian sekian pasang mata? Nah, coba kalau disuruh tampil berbicara dan melakukan sesatu di depan kelas. Siswa merasa enggan karena tidak percaya diri.

Bagi siswa yang sering mengalami kehilangan kepercayaan diri untuk tampil di depan kelas, coba ikuti tips berikut ini:

1.Yang dihadapi teman sendiri

Sadarilah seketika bahwa yang dihadapi ketika tampil di depan kelas hanya teman sendiri.  Bukan orang lain  yang tidak pernah ditemukan sebelumnya. Mereka adalah teman yang sudah dikenal dekat, sering bergaul dan bersenda gurau dan bertemu setiap hari di sekolah.

2.Membiasakan diri berbicara

Berbicara disini bukan sembarang berbicara melainkan berbicara dalam kegiatan belajar untuk bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Cara ini akan melatih diri siswa untuk bisa bicara di depan kelas dengan diperhatikan oleh banyak teman.

3.Aktif dalam kegiatan dan organisasi siswa

Berusahalah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan kesiswaan di sekolah, seperti kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan OSIS, kepramukaan, latihan baris-berbaris, dan berbagai jenis kegiatan siswa lainnya. Usahakan jangan hanya sekolah sekadar untuk mengikuti kegiatan intrakurikuler saja, kegiatan ekstrakurikuler juga diikuti.

4.Selalu fokus dalam belajar

Siswa yang malu dan kurang percaya diri disuruh tampil ke depan kelas biasanya siswa yang suka melamun, tidak fokus, sulit memusatkan perhatian pada topik pembicaraan dan pembahasan.

Oleh sebab itu selalu berusaha untuk konsentrasi belajar. Memusatkan perhatian, selalu fokus pada pembahasan pelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian, ketika ditunjuk tampil di depan teman-teman, siswa sudah siap dengan apa yang akan dibicarakan (bahan pembicaraan).

5.Budaya diskusi kelompok

Diskusi kelompok tidak hanya belajar di sekolah melainkan juga dilakukan di rumah ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Biasakan untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaan dalam diskusi kelompok. Membiasakan diri aktifdalam diskusi kelompok akan melatih diri untuk oercaya diri tampil di depan kelas.

Kebiasaan dan kepercayaan diri tampil di depan kelas menjadi modal penting bagi siswa untuk tampil berbicara di depan umum yang lebih luas, seperti di lapangan upacara, di mushalla atau mesjid, di acara atau pertemuan yang lebih banyak dihadiri orang.

Share this :

0 Response to "5 Tips Agar Percaya Diri Tampil di Depan Kelas"

Poskan Komentar