Antara Jerigen, Air dan Musim Kekeringan

Antara jerigen, air dan musim kekeringan – Bagi yang tinggal di daerah mengalami kemarau panjang, pasti ingat dengan benda yang satu ini, jerigen. Tabung plastik persegi ini menjadi benda yang sangat dibutuhkan ketika musim kemarau itu tiba. Digunakan untuk membawa air dari tempat lain maupun menampung air di rumah.

Semula pada musim hujan atau menjelang kemarau, lazimnya jerigen  hanya digunakan untuk menampung bahan bakar minyak. Atau bisa juga menjadi benda pajangan di gudang belakang rumah setelah musim penghujan datang. Jerigen menjadi benda tak berguna!

sumur galian,jerigen,kran air
Jerigen kembali dipergunakan ketika kemarau panjang melanda. Tatkala sumur galian di rumah penduduk menjadi kering. Saat dimana air menjadi barang mahal dan bernilai ekonomi. 

Memang, air menjadi kebutuhan penting dalam hidup dan kehidupan manusia. Banyak sekali kegunaan air, mulai dari kebutuhan untuk minum, memasak, mencuci sampai untuk mandi dan pembersih.

Bagi penduduk yang mengalami kekurangan air karena musim kemarau harus memasok kebutuhan air dari daerah tetangga. Ada yang sengaja menyewa angkutan untuk mendatangkan air dengan harga lumayan mahal.

nak,mencuci,kaus kaki

Bagi keluarga besar dan butuh air banyak tentu tak menjadi masalah, yang penting mendapatkan air setiap hari. Bagi keluarga dengan anggota dua atau tiga orang di rumah, tidak perlu menyewa angkutan untuk menjemput air. Cukup menggunakan jerigen 30 literan untuk membawa air sampai ke rumah.
Antara jerigen air, air dan musim kemarau panjang  tak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Ketika musim kekeringan datang, air bersih menjadi barang mahal yang perlu didatangkan ke rumah dengan wadah jerigen.

0 Response to "Antara Jerigen, Air dan Musim Kekeringan"

Posting Komentar