Aplikasi Multimedia dan Generasi Bahasa Pemrograman Komputer

Aplikasi multimedia dan generasi bahasa pemrograman komputer - Multimedia merupakan istilah yang berasal dari bahasa inggris dan merujuk pada beberapa program yang menggunakan media secara bersamaan dalam transmisi informasi. Yang termasuk program multimedia di sini di antaranya adalah program pengolah foto, video, suara, dan teks.

Ada beberapa perangkat lunak (software) yang terkait dengan aplikasi multimedia, antara lain: corel draw, adobe photoshop, winamp, windows media player, realplayer, adobe premiere, macromedia flash MX. Berikut akan dibahas satu per satu:

1.Corel draw

Corel draw adalah salah satu jenis software yang menghasilkan jenis gambar dengan basis vektor. Gambar vektor adalah gambar yang berorientasi pada garis yang saling terhubung dengan satu sama lain dan membentuk sebuah objek ganbar. Corel draw akan menghasilkan file dengan ekstensi .cdr. Dan corel draw ini biasa digunakan untuk pembuatan brosur, spanduk, iklan, pamflet, dan lainnya.

aplikasi,multimedia,komputer

2.Adobe photoshop

Adobe photoshop adalah software grafis yang bertipe bitmap. Gambar bitmap adalah jenis gambar yang berorientasi raster atau photo image. Program photoshop akan menghasilkan file dengan ektensi .psd. Selain photoshop ada berbagai jenis software lain yang berorientasi pada raster, yaitu gambar dengan ekstensi *.tif, *.gif, dan *.jpg. Photoshop banyak digunakan untuk membuat cover buku, majalah, banner dan lainnya.

3.Winamp, windows media player, real player

Ketiga aplikasi ini merupakan perangkat lunak untuk memainkan file musik, video, dan entertainment.

4.Adobe premiere

Adobe premiere merupakan perangkat lunak untuk membuat maupun mengedit film dalam berbagai format.

5.Macromedia flash MX

Macromedia flash MX merupakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi animasi.

Generasi bahasa pemrograman komputer

Selain aplikasi multimedia, saya juga akan membahas seputar bahasa pemrograman. Dalam bahasa pemrograman terdapat 4 (empat) kelompok generasi bahasa pemrograman, antara lain sebagai berikut :

1.Generasi pertama (bahasa mesin)
Pada generasi pertama, pemrograman menggunakan kode mesin yang diwakili oleh angka biner 0 dan 1.

2.Generasi kedua (bahasa assembly)
Pada generasi kedua, bahasanya sedikit lebih mudah dipahami karena telah menggunakan perintah dalam bentuk kata yang dipendekkan.

3.Generasi ketiga (bahasa pemrograman tingkat tinggi)
Pada generasi ketiga, dalam bahasanya ini, penulisan program secara prosedural.

4.Generasi keempat

Bahasa pemrograman ini meliputi bahasa pemrograman Visual C++, Visual Basic, Delphi, dan Java. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Aplikasi Multimedia dan Generasi Bahasa Pemrograman Komputer "

Poskan Komentar