Budaya Hidup Bersih di Rumah dan Sekolah

Budaya hidup bersih di rumah dan sekolah – Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Pepatah ini sebenarnya sudah pernah populer beberapa dekade belakangan di kalangan anak sekolah, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama sampai sekolah menengah atas.

Pepatah itu lebih kurang bermakna, dengan menerapkan pola hidup bersih akan memungkinkan seseorang terjangkit  berbagai penyakit. Masalahnya sekarang bagaimana menerapkan pepatah itu di lingkungan, baik di rumah maupun di sekolah.

Tidak mudah memang menerapkannya secara nyata. Budaya hidup bersih merupakan salah satu budaya baik. Dimulai dari rumah, di lingkungan keluarga. Perlu dimulai sejak usia dini di rumah masing-masing. Kalau sudah demikian, kebiasaan hidup bersih akan membudaya di tengah keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat.


Rumah adalah tempat seseorang tinggal dan bernaung dari hujan dan panas, pengaruh cuaca dan lain sebagainya. Jika rumah seseorang bersih, kita pasti akan lebih betah tinggal di dalamnya.  Namun jika rumah kita kotor, pasti kita tidak akan kerasan tinggal di rumah itu. Benar bukan?

Maka dari itu kita harus selalu menanamkan budaya hidup bersih dan sehat agar kita terbebas dari segala penyakit. Sumber penyakit itu berasal sarang hewan, seperti kecoa, lalat, nyamuk, tikus, dan sebagainya.

A.Menjaga kebersihan di rumah
Berikut ini upaya nyata untuk menjaga kebersihan rumah, antara lain :
a.Membuang sampah pada bak sampah
b.Membersihkan ruang keluarga
c.Membersihkan barang rumah tangga
d.Membersihkan kamar mandi seminggu dua kali
e.Membersihkan kamar tidur setiap hari
f.Membersihkan ruang tamu setiap hari
g.Menyapu halaman rumah setiap hari
h.Menyapu lantai setiap hari

Dengan dibersihkannya seluruh isi rumah, maka akan tercipta rumah idaman keluarga dan menjadi rumah yang sehat. Kebersihan rumah menjadi tanggung jawab seluruh anggota keluarga di rumah.

2.Menjaga kebersihan sekolah
Kebersihan sekolah adalah tanggung jawab seluruh warga sekolah, baik itu guru, karyawan, maupun murid. Sekolah yang bersih akan membuat siswa lebih nyaman untuk belajar, sebab sekolah adalah tempat kita menuntut ilmu.

Kebersihan sekolah akan terjaga apabila seluruh elemen sekolah sadar akan pentingnya kebersihan sekolah. Upaya untuk menjaga kebersihan sekolah antara lain :

a.Membersihkan debu yang menempel pada kursi, meja, jendela maupun lainnya
b.Menyapu halaman setiap hari
c.Menyapu ruang kelas setiap hari
d.Tidak membuang sampah di sembarang tempat

Untuk menjaga kebersihan sekolah, setiap kelas wajib menyusun jadwal regu piket supaya pelaksanaan kebersihan sekolah dapat terwujud dan menjadi sekolah yang bersih, sehat, dan indah. Budaya bersih di rumah dan sekolah, itu keren. Sekian ulasan ringan dari saya semoga bermanfaat, terima kasih. (Penulis : Denis Pahlevi)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »