Cara Mudah Membudidayakan Sayur Kangkung

Cara mudah membudidayakan sayur kangkung - Kangkung (ipomea aquatica) meruapakan salah satu jenis sayur yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sayur kangkung banyak mengandung vitamin A, B, C, serta berbagai nutrisi lainnya.

Sayur kangkung banyak memberi manfaat bagi tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi bagi setiap orang, termasuk siswa. Selain penting untuk kesehatan tubuh, sayur ini ternyata dapat mengatasi  sembelit, sebagai anti toksin (racun), mengobati diabetes, memberi kekebalan tubuh terhadap virus flu, dan lain sebagainya. Simak juga : Mengapa Anak Perlu Konsumsi Bayam?

Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, sayur ini sangat mudah didapat di pasaran. Namun kita tidak mesti harus mencari dan membelinya di pasar. Kita dapat membudidayakan sayur kangkung dengan mudah di pekarangan rumah. Mungkin dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan yang ada di sekitar rumah.

cara,budidaya,sayur,sayur kangkung

Proses pembudidayaan sayur kangkung, mulai dari penanaman sampai panen bisa dikatakan cukup cepat. Bahkan setelah panen, sayur ini masih bisa tumbuh lagi, asalkan akarnya tidak dicabut. Maksudnya, waktu panen potonglah batangnya dengan pisau atau benda lainnya.  

Okelah sobat, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara serta proses membudidayakan sayur kangkung dengan mudah. Coba ikuti paparan berikut ini!

A.Persiapan alat dan bahan
1.Cangkul dan sabit
2.Bibit sayur kangkung

B.Proses
1.Bersihkanlah lahan dari sampah-sampah atau rumput

2.Olah tanah tersebut dengan cara :
- Gemburkanlah tanahnya
- Beri pupuk, baik pupuk kandang maupun pupuk organik
- Aduklah tanah dan pupuk hingga tercampur merata

3.Buatlah lubang kecil sedalam 1 cm dan jarak antar lubang sekitar 10 cm

4.Ambil bibit sayur kangkung tadi kemudian isilah setiap lubang sekitar 3 buah biji bibit sayur tersebut

5.Rawat dan jagalah dari gangguan hama seperti binatang ternak, ulat, dan lainnya serta siramlah setiap pagi dan sore hari

6.Sekitar 5 minggu sayur itu sudah bisa dipanen. Jika kita ingin agar sayur itu tumbuh kembali maka potonglah di bagian batangnya. Namun jika tidak, bisa langsung dicabut dengan akar-akarnya.

Itulah cara membudidayakan sayur kangkung dengan mudah. Daripada kita menghabiskan uang untuk membeli sayur, lebih baik kita menanamnya sendiri di rumah. Selain untuk kebutuhan sendiri, sayur kangkung bisa juga untuk dijual sehingga dapat bernilai ekonomi bagi keluarga. Dapat digunakan untuk menambah uang saku anak sekolah. (Penulis : Difo Faizy Pratama)

Share this :

0 Response to "Cara Mudah Membudidayakan Sayur Kangkung"

Poskan Komentar