Faktor yang Memengaruhi Perilaku Siswa di Sekolah

Faktor yang memengaruhi perilaku siswa di sekolah - Perilaku merupakan perbuatan atau tingkah laku seseorang terhadap sesuatu hal. Perilaku berkaitan erat dengan budi dan akhlak, yaitu aturan dan ketentuan yang diberikan kepada manusia untuk berhubungan dengan Tuhan, berhubungan sesama manusia, dan berhubungan dengan alam lingkungan.

Ungkapan Minang mengatakan :

Nan kuriak kundi
Nan merah sago
Nan baiak budi
Nan indah baso

Dek ribuik rabahlah padi
Dicupak Datuak Tumangguang
Hiduik kok indak babudi
Duduak tagak kamari cangguang

Bakelok babilin-bilin
Batungkek batang kaladi
Rupo elok kami tak ingin
Budi baiak nan kami cari

Ungkapan di atas bermakna, kalau dalam kehidupan sehari-hari selalu mengutamakan budi.
Di sekolah ada bermacam-macam perilaku siswa, baik itu positif maupun negatif. Perilaku itu dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya :

faktor berpengaruh, perilaku siswa,sekolah

A.Faktor internal

1.Keturunan atau suku
Di suatu sekolah pasti terdiri dari berbagai suku, tiap-tiap suku itu tentunya memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda pula.


2.Jenis kelamin
Antara laki-laki dan perempuan memiliki perbedaan pola pikir. Dalam bertindak, laki-laki cenderung menggunakan logika. Sedangkan perempuan cenderung menggunakan perasaan.

3.Kepribadian
Kepribadian tiap tiap orang berbeda-beda, ini dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada pada diri orang tersebut. Namun dapat pula dipengaruhi oleh faktor eksternal luar dirinya.

4. Bakat yang dimiliki
Siswa akan lebih cenderung giat atau rajin belajar, jika pelajaran tersebut sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

B.Faktor Eksternal

1.Pendidikan di sekolah
Semakin tinggi pendidikan karakter (sikap dan moral) di sekolah, maka karakter atau perilaku siswa akan semakin mudah dibentuk.

2.Agama yang dianutnya
Seseorang yang taat beragama, akan melaksanakan syariat dan kebiasaan dalam agamanya.

3.Lingkungan tempat tinggal
Lingkungan tempat tinggal juga mempengaruhi perilaku siswa di sekolah. Orang yang lingkungan tempat tinggalnya bersih, akan selalu menjaga kebersihan di sekolah. Begitu juga sebaliknya, orang yang lingkungan tempat tinggalnya kurang bersih, maka kesadarannya akan kebersihan sekolah rendah.

4.Perhatian dan kasih sayang orang tua
Keluarga merupakan tempat pertama pembentukan perilaku anak. Kurangnya perhatian orangtua pada anaknya, akan berpengaruh besar terhadap sikapnya. Siswa yang sering berbuat jahil atau nakal di sekolah, bisa saja disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orangtuanya. Itu mereka lakukan agar mendapatkan perhatian dari guru maupun teman-temannya.

5.Pergaulan sehari-hari
Pergaulan di sekolah maupun di luar sekolah akan memengaruhi perilaku siswa. Jika bergaul dengan orang-orang yang bisa dikatakan tidak baik, maka perilaku siswa pun juga begitu. Dan sebaliknya, jika bergaul dengan orang-orang yang baik, maka perilaku siswa pun juga akan baik. Maka dari itu, pandai-pandailah dalam memilih teman.

6.Budaya luar atau asing
Di zaman sekarang, perkembangan globalisasi sangat pesat. Banyak budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia. Mampunya siswa mem-filter atau menyaring budaya tersebut, akan berpengaruh baik terhadapnya. Sebaliknya, jika siswa tidak mampu menyaringnya, maka akan berpengaruh terhadap sikap dan tingkah lakunya.

7.Masalah cinta
Di era sekarang, masalah cinta banyak melanda siswa. Siswa yang sedang dilanda masalah cinta, akan cenderung lebih pendiam dan bermenung, atau bahasa kerennya 'lagi galau'.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi perilaku siswa di sekolah. Selain dari faktor-faktor di atas, masih banyak lagi faktor yang memengaruhi perilaku siswa di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih. (*Penulis :Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Faktor yang Memengaruhi Perilaku Siswa di Sekolah"

Poskan Komentar