Fungsi Uang yang Perlu Diketahui

Fungsi uang yang perlu diketahui – Apa sih fungsi uang itu? Mungkin ada yang bertanya seperti itu. Atau, ada di antara teman yang mendapat tugas/pekerjaan rumah (PR) mengenai fungsi uang. Oleh sebab itu akan dibahas fungsi uang dalam kehidupan sehari-hari.

Uang mempunyai fungsi dan keberadaan yang strategis dalam menunjang berbagai macam kegiatan ekonomi. Termasuk dalam kegiatan pendidikan di lembaga sekolah, di lingkungan keluarga dan pasar. 

Adapun fungsi uang dibedakan menjadi dua bagian, yakni fungsi asli dan fungsi turunan. Berikut uraiannya: 

A.Fungsi asli

1.Uang sebagai alat tukar
Uang sebagai alat tukar dapat mempermudah seseorang melakukan pertukaran. Seseorang yang hendak melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup dengan hanya menggunakan uang sebagai alat tukar.

fungsi uang,fungsi asli uang,turunan

Misalnya, ketika disuruh ibu membeli garam di warung, kalian pasti menukarkan uang yang kalian miliki dengan garam yang ingin kalian beli. Dengan demikian uang dapat mempermudah seseorang dalam melakukan transaksi jual beli.

2.Uang sebagai alat satuan hitung
Uang sebagai alat satuan hitung dapat dipergunakan untuk menunjukkan nilai berbagai macam barang dan jasa yang akan diperjualbelikan. Uang juga dapat menunjukkan besarnya kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dan dapat menghitung besar kecilnya pinjaman seseorang.

Contohnya, harga sebuah buku sebesar Rp 3.000,00. Sementara itu harga sepasang pena sebesar Rp 6.000,00. Contoh ini dapat menunjukkan bahwa nilai suatu barang, yaitu nilai tukar sepasang pena sama dengan nilai 2 buah buku.

B.Fungsi turunan

1.Uang sebagai alat pembayaran
Uang sebagai alat pembayaran dipergunakan untuk membayar berbagai bentuk transaksi seperti pembayaran gaji, pembayaran tagihan listrik, dan lainnya. Uang pun juga dapat dipergunakan untuk mempermudah menentukan berapakah besar nilai hutang-piutang yang harus diterima atau dibayar seseorang.

2.Uang sebagai alat penimbun kekayaan
Adakalanya penghasilan seseorang sebagian dipergunakan untuk konsumsi, sebagian lagi cenderung disimpan untuk ditabung. Uang yang ditabung itulah yang dapat dikatakan sebagai alat penimbun kekayaan yang dapat digunakan kembali saat sedang dibutuhkan.

3.Uang sebagai alat pemindah kekayaan 
Uang juga dapat berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan. Contohnya, pak Difo memiliki mobil pick up. Kemudian Pak Difo ingin membeli mobil sedan. Pak Difo pun berniat untuk menjual mobil pick up-nya untuk digunakan membeli mobil sedan. Dengan demikian pak Difo telah memindahkan kekayaannya dari mobil pick up ke mobil sedan.

Sekian info tentang fungsi uangnya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Fungsi Uang yang Perlu Diketahui"

Poskan Komentar