Guru Berkarakter Itu Kreatif dan Inovatif

Guru berkarakter itu kreatif dan inovatif - Beratnya tanggung jawab yang diemban dalam pendidikan menyebabkan profesi guru memerlukan keahlian atau kecakapan khusus. Itu sebabnya mengapa profesi guru tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan.

Seorang guru harus memiliki karakter unik, kreatif dan inovatif dalam menjalankan profesi keguruannya. Guru yang berkarakter adalah guru yang mempunyai prinsip hidup  dan perenungannya serta kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi.

Dengan prinsip hidup yang dihasilkan dari pencarian dan perenungan, seorang guru mem­punyai kepercayaan diri dalam mendidik dan membimbing peserta didik sesuai dengan taraf per­kembangan dan kemam­puannya.

Dengan kebebasan berkreasi, guru dapat mengem­bangkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif, kreatif, dan inovatif sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal.

guru kreatif,guru berkarakter, pendidik inovatif

Guru bekarakter akan berusaha menciptakan budaya belajar yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Kreativitas guru berkarakter terlihat dari bagaimana kepiawaiannya memilih dan menggunakan metode pem­belajaran efektif dan efisien. Ini bermanfaat untuk mengurangi ke­jenuhan (kebosanan) dalam konteks pembelajaran sehingga tumbuh kegairahan dan motivasi belajar.

Dengan karakter positif yang ditunjukkan guru, diharap­kan pelanggaran disipilin berkurang, siswa berperilaku wajar, percaya diri, tidak sombong dan angkuh dan terjadinya persaingan sehat antar siswa di kelas.

Murid mengalami pertumbuhan dan perkembangan di lingkungan lembaga pendidikan. Itulah pentingnya guru berkarakter bagi pem­bentukan karakter siswa ke arah yang lebih baik.

Memang, guru adalah manusia biasa.  Dan sebagai manusia biasa dalam melaksanakan peran sebagai pendidik dan sebagai pemimpin bagi anak didiknya dalam pelaksanaan proses belajar Mengajar, mereka memiliki gaya (stil) tersendiri. Mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam mendidik peserta didik.

Cara mendidik anak Nabi Muhammad SAW merupakan dasar-dasar metode pendidikan yang harus menjadi pedoman dan perlu di tampilkan oleh guru maupun para orangtua. Berikut ini adalah cara mendidik yang perlu diteladani oleh  para pendidik dan orangtua:

1.Keteladanan yang baik
2.Waktu yang baik untuk memberikan bimbingan
3.Bersikap adil dan sama terhadap setiap anak
4.Memenuhi hak-hak anak
5.Mendoakan anak
6.Membelikan alat permainan untuk anak
7.Membantu anak untuk berbuat baik dan patuh
8.Menjauhi banyak mencela seperti menyinggung masalah ekonomi dan keluarga

Sesuai dengan sabda Rasulullah diriwayatkan dari Ibnu abbas, artinya:
“Ajarkanlah ilmu, berikan kemudahan dan jangan mempersulit, sampaikan kabar gembira dan jangan membuat orang lain lari. Jika salah seorang diantara kalian marah, hendaklah ia diam”.

Demikianlah pembahasan budaya belajar yang efektif. (*Penulis : Hadi Rahim)


Share this :

0 Response to "Guru Berkarakter Itu Kreatif dan Inovatif"

Poskan Komentar