Istilah Pengeluaran Zat pada Tubuh manusia

Istilah pengeluaran zat pada tubuh manusia – Proses metabolisme dalam tubuh manusia akan menghasilkan zat sisa atau sampah metabolisme. Sebagian zat sisa tersebut harus dikeluarkan dari tubuh karena bersifat racun (toksin) dan mengandung bibit penyakit.

Namun ada pula zat sisa metabolisme yang dapat digunakan kembali oleh tubuh manusia sehingga tak perlu dikeluarkan dari dalam tubuh. Untuk pengeluaran zat sisa metabolisme dari tubuh diperlukan alat-alat ekskresi.

Berikut ini adalah informasi istilah-istilah yang digunakan dalam pengeluaran zat pada manusia pada mata pelajaran IPA Biologi tingkat SMP/MTs:

ekskresi,ginjal,urine,pengeluaran

1.Defekasi adalah pengeluaran zat sisa pencernaan makanan melalui saluran pencernaan. Zat sisa berupa feses (tinja) dikeluarkan melalui anus. Anus tidak termasuk alat ekskresi karena zat sisa yang dikeluarkan tidak mengalami proses metabolisme dalam jaringan tubuh.

2.Ekskresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Sisa metabolisme ini dikeluarkan melalui alat pengeluaran berupa ginjal, hati, kulit dan paru-paru.

3.Ekskret adalah zat sisa yang dikeluarkan oleh alat ekskresi. Misalnya urine, keringat, cairan empedu, uap air dan karbondioksida.

4.Sekresi adalah proses pengeluaran zat sisa metabolisme berupa getah oleh kelenjar yang berguna bagi tubuh. Getah yang dikeluarkan umumnya mengandung enzim atau hormon yang digunakan oleh tubuh.

Itulah informasi tentang 4 istilah pengeluaran zat sisa pada tubuh manusia yang penting anda kenal.

Share this :

0 Response to "Istilah Pengeluaran Zat pada Tubuh manusia"

Poskan Komentar