Kesulitan Belajar Bagi Anak yang Bermasalah

Kesulitan belajar bagi anak yang bermasalahMenuntut ilmu itu wajib bagi kaum muslimin dan ilmu yang tidak diletakkan kepada orang yang bukan ahlinya seperti mengikat babi dengan emas permata (HR.Ibnu Majah)

Rasulullah SAW bersabda, barang siapa yang menuntut jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah memudahkan jalan-nya untuk menuju surga sesungguhnya malaikat meletakkan kedua sayapnya untuk menuntut ilmu, disebabkan ridha allah kepada-nya dan orang yang alim akan dimintakkan ampun oleh semua yang berada di langit dan di bumi bahkan ikan dilautan pun akan memintakkan ampun untuknya. Dan kelebihan seorang alim terhadap seorang abib seperti kelebihan bulan atas semua bintang (HR. Turmudzi)

Kesulitan belajar

Belajar merupakan suatu jalan pintas untuk mengatasi kebodohan. Anak yang sulit belajar terlihat dalam kesulitan membaca, menulis, mengamati dan berbicara. Kesulitan belajar yang didasari oleh kemampuan interaksi yang terbatas akan sukar mengatasi berbagai kesulitan belajar bagi anak.

belajar,kesulitan belajar,cara mengatasi

Istilah itu muncul dari keputusan pendidik dan orang tua yang anaknya berkemampuan rata-rata atau cerdas tapi nilainya jelek di sekolah walaupun mereka telah bekerja keras. Ini juga terjadi pada anak yang sepertinya tidak bisa belajar dalam kecepatan, yaitu terjadi kesenjangan yang jelas antara IQ dan kemampuan akademi anak tersebut.

Kesulitan belajar ini tidak di sebabkan oleh cacat mental yang serius juga tidak disebabkan oleh keterbelakangan mental atau kurangnya pengarahan dari sekolah. Sebaliknya anak yang kesulitan belajar seharusnya menjadi murid yang normal dan berhasil. Kesulitan bagi anak yang bermasalah dalam belajar biasanya berasal dari masalah pengolahan dan struktur pendidikan yang kurang memadai. Ini tidak berarti bagi mereka secara intelektual terbelakang. Kebanyakan sesuai fakta di lapangan, biasanya anak yang mempunyai kesulitan belajar itu mempunyai kemampuan di atas rata-rata.

Berdasarkan fakta bahwa kesulitan belajar tersebut cenderung terjadi dalam keluarga dan lebih berpengaruh terutama pada anak laki-laki dari pada anak perempuan. Antara 2-10% anak mengalami kesulitan belajar, mayoritas terbesar kesulitan belajarnya adalah masalah membaca dan berbahasa. Orang tua jangan panik jika hal ini terjadi pada anak-anak kita.

Cara mengatasi kesulitan belajar

Jika Bunda curiga bahwa anak bunda mengalami kesulitan belajar, maka evaluasilah. Kesulitan belajar tidak akan hilang begitu saja. Anak-anak harus belajar dengan cara dan metode yang lain, dimana anak akan lebih mudah dan menekankan pada bakat-bakat fungsional tersebut.

Kebanyakan orang tua khawatir dengan menganggap anaknya punya kesulitan belajar akan membahayakan percaya dirinya. Kenyataannya dengan mengabaikan atau tidak mengetahui penyebab-penyebab masalahnya akan menjadi jalan di tempat bahkan bisa jadi langkah mundur. Beri perhatian terhadap pelajarannya.

Kesulitan belajar yang tidak terdeteksi sering disebabkan oleh kecendrungan bahwa masalah-masalah ini timbul hanya karena anak malas atau kelemahan dalam berinteraksi, atau mencari alasan-alasan lain akan dapat membantu anak dan gurunya jika mereka mengetahui bahwa ia mengalami masalah mental atau psikologis yang tidak ada hubungan dengan kepribadiannya. Guru atau pendidik harus jeli dan teliti apa alasan-alasan anak tidak mau belajar.

Dengan bantuan guru yang terlatih dan pendidik profesional, siswa akan mengenali dan menggunakan metode belajar yang paling cocok baginya. Ia akan belajar menggantikan ketidakmampuannya itu yang lebih menyenangkan dan efisien.

Jika anak telah bekerja keras tapi tetap saja ketinggalan, dan di ejek sebagai anak yang lemah dan bodoh ia mungkin akan kehilangan percaya diri dan motivasi. Berilah anak itu pendekatan yang khusus semangat dan motivasi belajar.

Pastikan bunda menggunakan guru yang berpengalaman dengan anak yang mengalami kesulitan belajar.  Guru yang fleksibel dan mempunyai kesabaran yang tinggi juga baik sehingga guru tersebut bisa menemukan cara terbaik untuk anak tersebut.

Guru kelas atau wali kelas juga bisa membantu anak yang kesulitan belajar. Jika mereka diberitahu, guru bisa menghadapi anak ketika berbicara, menulis atau menunjukkan instruksi secara lisan.

Dan jaganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya akan di minta pertanggungan jawabnya (QS al-Isra:36)

Maka berilmulah, bahwa sesungguhnya tuhan melainkan Allah dan mohonlah ampun bagi dosa dan bagi orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat tinggalmu (QS Muhammad:19). (*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Kesulitan Belajar Bagi Anak yang Bermasalah"

Poskan Komentar