Manfaat dan Cara Melatih Kebiasaan Menabung

Manfaat dan cara melatih kebiasaan menabung - Menabung merupakan suatu kegiatan yang sangat positif. Tidak hanya bagi anak-anak, namun  orang dewasa sekalipun harus melatih kebiasaan menabung pada diri sendiri.

Sekarang banyak orang dewasa yang enggan untuk menabung. Padahal kebutuhan hidup semakin meningkat sehingga orang dewasa hendaknya semakin rajin untuk menabung. Bagi anak-anak, penerapan menabung hendaknya juga dijadikan sebagai suatu kewajiban karena akan menyangkut masa depannya kelak.

A.Manfaat menabung

Mengapa harus menabung? Jawaban paling sederhana adalah karena menabung banyak sekali manfaatnya. Di antara manfaat-manfaat itu ialah sebagai berikut :

1.Belajar hidup hemat

Dengan menabung, kita akan pikir-pikir dulu sebelum membelanjakan uang, kita akan terbiasa untuk membeli keperluan yang dianggap penting saja.

manfaat,cara,melatih,kebiasaan,menabung

2.Memerlukan uang saat terdesak

Di saat keadaan terdesak, seperti memerlukan uang untuk suatu keperluan yang mendadak, maka kita tidak usah bingung untuk mencari uang lagi.

3.Mencegah kita dari hutang

Jika pada suatu saat kita butuh uang untuk membeli sesuatu yang dianggap penting, maka kita tidak akan berhutang karena tersedianya uang di tabungan kita.

4.Terbiasa untuk mengatur uang yang dimiliki

Dengan menabung, maka kita akan cenderung meminimalkan pengeluaran dengan menggunakan uang untuk suatu kebutuhan penting saja.

Ternyata banyak sekali manfaat menabung. Tapi terkadang untuk menanamkan kebiasaan menabung pada diri sendiri sangatlah sulit, padahal banyak sekali cara untuk menanamkan kebiasaan menabung.



B.Cara melatih kebiasaan menabung pada anak sekolah

Beberapa cara menanamkan kebiasaan menabung pada diri sendiri yaitu :

1.Tentukanlah target yang ingin dicapai

Dengan menentukan target, maka kita akan terdorong untuk menabung agar target tersebut bisa dicapai.

2.Pilihlah tempat tabungan yang disukai

Ini terlihat sepele, tapi dengan memilih tempat tabungan yang disukai akan membuat kita nyaman untuk selalu mengisinya setiap hari.

3.Sisakan uang jajan di sekolah

Sisakanlah selalu uang jajan sekolah untuk mengisi tabungan kita.

4.Buatlah suatu perlombaan dengan teman atau saudara

Contoh dari perlombaan nya seperti, siapa yang paling banyak isi tabungannya dalam 1 tahun maka dialah yang akan jadi pemenang. Dengan begitu kita akan selalu mengisi tabungan kita agar bisa memenangkan perlombaan itu.

5.Rutin mengisi tabungan setiap hari

selalulah isi tabungan kita setiap hari karena itu akan membuat kita terbiasa untuk mengisinya.

6.Timbulkanlah motivasi dalam diri sendiri

Buatlah diri kita termotivasi untuk menabung setiap hari, dengan begitu menabung tidaklah menjadi hal yang berat bagi kita.

7.Simpan uang yang didapat dari sumber lain ke tabungan

Contoh sumber lain ini seperti, mendapat hadiah uang dari hasil lomba, insentif menulis artikel di blog dan lain sebagainya. Uang dari sumber seperti ini segeralah simpan dalam tabungan.

Itulah beberapa manfaat dan cara menanamkan kebiasaan menabung. Jangan Menunggu hari esok untuk menabung, tapi mulailah menabung dari sekarang, karena dengan menabung kita akan mendapat masa depan yang cerah. (*Penulis : Difo Faizi Pratama)

Share this :

0 Response to "Manfaat dan Cara Melatih Kebiasaan Menabung"

Poskan Komentar