Mengapa Siswa Sering Terlambat?

Mengapa siswa sering terlambat? – Hampir semua guru menemui kondisi dimana siswa sering terlambat sampai di sekolah atau masuk kelas. Meskipun peraturan dan tata tertib sekolah/kelas telah memuat tentang siswa terlambat dan sanksinya, namun masih saja ada siswa yang melanggar peraturan tersebut. 

Bahkan siswa sering berbohong dengan berbagai alasan untuk melepaskan diri dari sanksi  atas pelanggaran peraturan dan tata tertib sekolah tentang kehadiran siswa di sekolah.

Siswa terlambat sampai di sekolah atau masuk kelas disebabkan oleh 2 motif utama yaitu disengaja dan motif insidentil. Motif disengaja terlambat, antara lain menghindari belajar dengan guru tertentu pada awal belajar di sekolah. Ingin mampir ke kantin atau kafe sekolah untuk sarapan, sering terlambat bangun dan lain sebagainya.

Motif insidentil sering diluar kehendak atau kemampuan siswa untuk menghindari keterlambatan sampai di sekolah. Misalnya, mengalami kemacetan di perjalanan, kerusakan pada motor atau angkutan umum, musibah tak diduga, hujan, dan lain sebagainya.  

siswa,sering terlambat,sekolah

Berdasarkan 2 motif tersebut dapat dirinci penyebab mengapa siswa sering terlambat:

1.Terlambat bangun

Siswa yang sering terlambat bangun cenderung terlambat untuk sampai di sekolah. Biasanya siswa yang sering terlambat bangun karena sering tidur larut malam atau begadang sampai tengah malam.

2.Masalah transportasi

Jarak antara rumah dan sekolah memungkinkan siswa untuk terlambat. Siswa yang tinggal jauh dari sekolah mengharuskan untuk mengendarai motor sendiri, naik ojek, atau angkutan umum. Di perjalanan sering ditemui masalah seperti kemacetan lalu lintas, kerusakan kendaraan, kecelakaan, dan hal lain yang tak terduga.

3.Tidak langsung ke sekolah

Ini adalah motif disengaja oleh siswa untuk datang terlambat di sekolah. Siswa berangkat ke sekolah lebih awal namun tidak langsung menuju sekolah. Mereka memilih mampir di tempat lain seperti rumah teman, tempat keramaian atau warung dan kedai yang mereka ingini.

Ada pula yang datang pada waktunya sampai di sekolah namun tidak mengikuti pelajaran awal di sekolah. Mereka sengaja bolos karena kurang menyukai belajar pada mata pelajaran tertentu. Siswa memilih untuk bolos dan nongkrong di kafe sekolah atau kafe terdekat dengan sekolah.

Itulah identifikasi terhadap masalah siswa sering terlambat sampai di sekolah atau masuk kelas di awal pelajaran. Mudah-mudahan artikel selanjutnya akan memuat bagaimana cara menanggulangi siswa sering terlambat.

Share this :

0 Response to "Mengapa Siswa Sering Terlambat?"

Poskan Komentar