Mengatasi Anak yang Malas Pergi ke Sekolah

Mengatasai anak yang malas pergi ke sekolah - Menolak pergi ke sekolah adalah perbuatan sia-sia dan perlu dijauhkan olah anak. Islam pun melarang umatnya melakukan perbuatan sia-sia. Oleh karena itu orangtua sangat berperan penting dan harus pandai melakukan pendekatan, agar anak menyukai sekolah dan antusias pergi kesekolah.

Seringkali muncul masalah anak tidak mau pergi ke sekolah.  Ada beberapa penyebab masalah ini, diantaranya kepribadian yang gelisah, bermasalah dalam keluarga dan beberapa penyebab stres dan fobia di sekolah.

Biasanya anak takut jika jauh dari ibunya, sedangkan sebagian anak yang lainnya takut pada kegiatan sekolah. Bagi sebagian kecil remaja, kegiatan di sekolah tidaklah menggembirakan dan tidak perlu. Mereka mengelak dari kegiatan sosial dan akademik  dengan jalan bolos belajar.

cara,mengatasi,anak,malas sekolah

Terkadang anak mengalami depresi, ketakutan pada kegiatan sosial, atau bepergian, bahkan masalah ketidakwajaran yang dapat menghalangi anak pergi kesekolah.

Sekolah adalah tempat anak menjadi dirinya. Sebuah tempat yang disenangi selain dari rumahnya. Di luar aturan dan ketentuan orangtua. Arena dimana anak akan memiliki hal yang penting bagi perkembangan dirinya, seperti tantangan, dilema, kemenangan, kegagalan, pendewasaan diri dan rasa malu. 

Di sekolah, anak akan belajar banyak hal dimana mereka diajarkan bagaimana hidup dalam dunia nyata. Tdak hanya sejarah, ilmu pengetahuan, agama dan latihan fisik tetapi juga bagaimana sosialisasi terbentuk. Bagaimana orang-orang diluar keluarganya saling berinteraksi satu sama lain, berbeda dengan yang lain, dan menerima orang lain yang baru mereka kenal hanya dalam beberapa menit saja.

Cara mengatasi anak yang malas dan suka bolos Sekolah

1.Penting untuk mengetahui sebab dan alasan kenapa anak tidak mau sekolah

2.Bunda tidak usah panik  dan jangan menunjukkan kegelisahan di depan anak. Karena anak dapat menjadi sensitif dan akan menambah stres terhadap diri anak.

3.Cobalah bertanya dan dengar dulu alasan dari mereka kenapa dan apa sebab anak kita membolos

4.Coba tanya kepada guru dan wali kelas anak kita karena guru akan lebih mengetahui keadaan sikap dan karakter anak kita di sekolah

5.Tanya kepada teman-teman terdekatnya, siapa tau anak kita mengalami masalah dengan teman-temannya.

6.Orangtua harus mempertegas dirinya dan mencoba mengantar anak sesegera mungkin ke sekolah

7.Jika masalah bertambah parah dan makin panjang lebar, coba cari bantuan ahli fsikologi.

(*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Mengatasi Anak yang Malas Pergi ke Sekolah"

Poskan Komentar