Mengenal Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan

Mengenal dampak pencemaran lingkungan terhadap kesehatan – Lingkungan berpengaruh besar terhadap hidup maupun kehidupan manusia. Oleh sebab itu setiap orang selalu dihimbau untuk memelihara lingkungan. Lingkungan sekitar terhindar dari berbagai pengotoran atau pencemaran.

Namun himbauan tersebut kadang-kadang tidak mendapat perhatian dari sebagian orang. Lingkungan abiotik makhluk hidup, seperti: air, tanah dan udara sering mengalami pencemaran sehingga menimbulkan dampak kurang bagus terhadap kesehatan manusia. Termasuk pencemaran pendengaran (pencemaran suara).

Pembahasan pokok dalam artikel ini memang masalah pencemaran udara, air dan tanah serta dampaknya terhadap kesehatan.

dampak,pencemaran,udara,lingkungan


1.Pencemaran udara

Pencemaran terhadap udara berdampak besar terhadap kesehatan manusia. Udara kotor pasti mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu udara kotor mengandung berbagai bibit penyakit.

Penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara, misalnya penyakit asma, sesak napas, bahkan menyebabkan kanker paru-paru. Selain itu pencemaran udara oleh debu kotor yang beterbangan dapat masuk ke mata sehingga mata menjadi merah dan dapat menggangu penglihatan.

Lalu, apa tindakan yang perlu dilakukan untuk menghindari dampak pencemaran udara terhadap kesehatan mata? Untuk menjaga agar mata tidak terkena debu atau kotoran, maka dianjurkan untuk menggunakan kacamata ketika melakukan perjalanan. Kemudian segera mencuci muka setelah berpergian dari suatu perjalanan.

Agar kulit tidak terasa gatal dan bersisik akibat debu yang menempel maka sebaiknya usahakan mandi secara teratur. Tujuannya agar kulit tetap bersih dan sehat meskipun telah terkena debu. 

2.Pencemaran air

Pencemaran air dapat membuat kesehatan makhluk hidup maupun lingkungan menjadi terggangu. Air yang telah tercemar dapat membahayakan kesehatan, karena air yang telah tercemar mengandung bibit penyakit dan zat-zat kimia yang beracun. Penyakit yang muncul karena pencemaran air, misalnya diare, muntaber, dan berbagai jenis penyakit kulit.

Untuk mencegah dampak pencemaran air terhadap kesehatan hendaknya menggunakan air yang bersih dan sehat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air bersih dan sehat memiliki ciri bersih, tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna (jernih). Sebelum dikonsumsi, air tersebut dipanaskan sampai mendidih.

3.Pencemaran tanah  

Apa pengaruh pencemaran tanah terhadap kesehatan? Tanah yang tercemar dapat mengurangi kesuburan dari tanah. Selain itu, zat-zat pencemar juga dapat diserap oleh tumbuhan. Zat pencemar pada tanah dapat beresiko terhadap kesehatan manusia. 

4.Pencemaran suara

Pencemaran terhadap suara juga berpengaruh terhadap kesehatan manusia.  Makhluk hidup, terutama manusia, diberikan indra pendengar yang memilki fungsi untuk menangkap suara dalam frekuensi tertentu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak benda yang dihasilkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Contohnya kendaraan bermotor, kapal laut, dan mesin pabrik lainnya.


Suara yang dihasilkan oleh benda-benda tersebut sangat berisik dan menimbulkan polusi suara. Pengaruh polusi suara membuat manusia mudah terkejut, mudah marah, stres, dan berkurangnya daya pendengaran. Demikianlah info pengaruh pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, semoga bermanfaat. Terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Mengenal Dampak Pencemaran Lingkungan Terhadap Kesehatan"

Poskan Komentar