Mengenal Istilah World Wide Web

Mengenal istilah world wide web - World wide web (www), kata ini pasti sudah sering kita dengar. Apalagi di zaman pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini.

Pada kesempatan ini saya akan membahas seputar world wide web ini. Tapi sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya  kita lihat dulu apa itu sumber daya internet. Dan saya telah merangkumnya di bawah ini.

Sumber daya internet

Di era perkembangan teknologi saat ini, ada begitu banyak sumber daya internet yang dapat kita manfaatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sumber daya yang dihadirkan oleh internet pastinya bergerak dengan pesat.

Inilah berbagai sumber daya yang selalu atau sering kita jumpai di internet, antara lain world wide web (www), email, mailing list, internet relay chat, file transfer protocol, dan voIP.

mengenal,www,internet

World wide web (www)

World wide web atau yang biasa kita kenal dengan istilah web/website ialah fasilitas internet dalam bentuk hipertext dan dapat diakses melalui browser. Sistem ini dapat menampilkan berbagai kumpulan informasi berupa teks, suara, gambar, animasi maupun video. Dengan sumber daya internet ini kita akan mendapatkan berbagai macam informasi, pengetahuan, hiburan, dan lainnya.

Website (situs) dapat diumpamakan seperti sebuah buku yang mengandung berbagai halaman yang dikenal dengan sebutan web pages. Web pages ialah sebuah bagian khusus dari website tertentu.

Kita juga dapat mengenal istilah homepage, yaitu halaman muka atau utama pada sebuah situs web. Dapat diumpamakan ibarat sampul halaman pada sebuah buku. Biasanya homepage berisi daftar isi sehingga dapat memudahkan para pengunjung menelusuri apa isi di dalam web tersebut.

Agar dapat mengakses internet dan berselancar di sebuah website, kita memerlukan sebuah media berupa program aplikasi yang biasa disebut web browser. Adapun beberapa aplikasi web browser yang cukup populer, antara lain internet explorer, mozilla firefox, safari, google chrome, dan opera.

Saat kita ingin mengunjungi sebuah website, kita hanya mengetikkan URL website tersebut pada web browser. URL, pasti kata ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. URL adalah singkatan dari uniform resource locator, yaitu alamat dimana sebuah situs diletakkan. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Mengenal Istilah World Wide Web"

Poskan Komentar