Mengenal Komponen Utama Komputer

Mengenal komponen utama komputer - Komputer merupakan salah satu bukti tanda keberhasilan manusia dalam mengembangkan teknologi dan komunikasi. Di era perkembangan teknologi, komputer menjadi elemen yang sangat penting bahkan dapat menentukan kemajuan suatu bangsa.

Pada zaman dahulu, jauh dari zaman modern saat ini, komputer hanya digunakan di negara-negara maju saja. Namun saat ini komputer sudah dijadikan alat komunikasi utama masyarakat dan bersifat umum.

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang mempunyai proses kerja sangat cepat dengan menerima informasi input digital dan menghasilkan output informasi. 
Dalam sebuah komputer terdiri dari 3 komponen atau perangkat utama, yaitu: 

komponen,perangkat,komputer


1.Perangkat keras (hardware)
Perangkat keras komputer adalah perangkat atau komponen komputer yang secara fisik dapat dilihat dan disentuh atau peralatan komputer itu sendiri. Contohnya CPU (central processing unit), monitor, keyboard, mouse, printer, scanner, dan sebagainya.

2.Perangkat lunak (software)
Perangkat lunak komputer adalah perangkat yang berisi program-program yang terdapat dalam sebuah komputer. Jika komputer tidak memiliki program komputer ( software ) maka komputer tidak akan bisa berjalan.

3.Pengguna komputer (brainware)
Brainware adalah sumber daya manusia (SDM) yang terlibat dalam mengoperasikan komputer, yang memberikan instruksi atau perintah dan mengatur sistem komputer. kesimpulannya, orang yang menggunakan komputer.

Komputer dapat beroperasi dengan baik ketika ketiga komponen utama ini berjalan bagaimana mestinya. Secara logika komputer hanya mempunyai 3 proses kerja, yaitu input data, pemrosesan data dan output data.

Di antara ketiga proses tersebut, peran dari hardware menjadi bagian utama pembangunan struktur dasar komputer. Sekian info dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Mengenal Komponen Utama Komputer"

Poskan Komentar