Mengenal Lebih Dekat Istilah Main Memory

Mengenal lebih dekat istilah main memory - Memory adalah perangkat keras dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh processor.

Sebagai media penyimpanan data, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan. Di ruang penyimpanan mempunyai alamat sendiri-sendiri yang bisa berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.

Memori dihitung dengan satuan byte. Dan sekarang saya akan membahas jenis-jenis main memory, antara lain sebagai berikut :

1.RAM (random access memory)

RAM adalah jenis memori yang berfungsi untuk menyimpan program dan data yang dapat dibaca maupun ditulis oleh processor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, selama ada aliran listrik. Bila aliran listrik terputus, maka program atau data yang tersimpan di dalamnya akan hilang. 

mengenal,main memory,main board,komputer

Struktur dari RAM adalah sebagai berikut :

1.Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input

2.Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diakses

3.Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan

4.Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

2. ROM (read only memory)

Berbeda dengan RAM, ROM berfungsi untuk menyimpan data secara tetap atau permanen. Komputer tidak dapat mengubah data dan semua perintah yang tersimpan dalam ROM.

ROM merupakan hardware buatan dari pabrik komputer dan menjadi satu paket dengan mainboard-nya sehingga tidak dapat diubah ataupun dipindah-pindah ke posisi yang lain. ROM biasanya berisi perintah-perintah paten seperti  perintah-perintah yang dijalankan pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

3. Harddisk

Sekedar info aja nih guys, ngomongin tentang penyimpanan, juga ada penyimpanan lain selain RAM dan ROM tadi, yaitu harddisk dan sekarang saya juga akan membahas tentang komponen komputer harddisk yang telah saya rangkum dibawah ini.

Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Di sanalah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan. Perawatan harddisk dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihannya dan usahakan harddisk tidak terlalu panas dengan cara pemberian kipas harddisk.
 
Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »