Mengenal Permainan Kippers

Mengenal permainan kippers - Kippers termasuk ke dalam permainan bola kecil dengan jumlah pemainnya yang berjumlah 12 orang. Sepintas permainan kippers hampir mirip dengan permainan kasti, baik bentuk lapangan, luas lapangan, jumlah pemain, maupun cara bermainnya.

Adapun yang membedakan permainan kippers dengan permainan kasti yaitu kasti memiliki seorang pelambung bola, sedangkan kippers tidak memiliki seorang pelambung bola. Simak juga permainan ini:

Uniknya Permainan Lempar Kaleng
Permainan Tiup Bola Ala Anak Sekolah

Jadi pada permainan kippers ini, pemukul sekaligus sebagai pelambung bola, selain itu ada satu lagi yang membedakan kippers dengan permainan kasti, yaitu semua pelari harus berhenti bila bola sudah melewati garis pukulan dari lemparan kelompok penjaga.

mengenal,info,permainan,kippers

Kippers berasal dari bahasa Belanda yakni kiepers. Kippers dapat diartikan sebagai permainan yang dimainkan oleh dua kelompok yang terdiri dari kelompok pemukul dan kelompok penjaga, serta permainannya dilaksanakan dalam dua babak.

Babak 1 dilaksanakan selama 30 menit, dan istirahat selama 10 menit, sedangkan di babak 2 selama 30 menit juga. Kalian tahu gak besar lapangan kippers berapa? Nah sekarang saya akan membahas tentang besar lapangan kippers.

Sepengetahuan saya kippers itu memiliki panjang 60 m dan lebar sepanjang 30 m dalam sebuah lapangan kippers memiliki dua buah ruang dan dua buah tiang hinggap, yaitu ruang bebas, ruang pemukul, tiang hinggap pertama, dan tiang hinggap kedua.

Sekedar info aja nih guys, bola kippers itu mempunyai berat sebesar 80 gram. Tidak hanya selesai ngomongin tentang lapangan kippers, saya juga akan membahas tentang peraturan bermain yang ada pada olahraga kippers, yakni :

1.Pemukul hanya mendapat satu kali kesempatan memukul.
2.Pemukul terakhir mendapatkan tiga kali kesempatan memukul.
3.Pukulan yang benar apabila bola yang dipukul terkena dan melewati garis salah.
4.Pukulan salah apabila bola tidak terkena, waktu akan dipukul, atau apabila bola dipukul terkena tetapi tidak melewati kedua garis salah.
5.Apabila pemukul tidak berani lari ke tiang hinggap, diperbolehkan hinggap di ruang pemukul.

Tidak hanya bosan sampai disitu, saya juga akan memberitahukan apa saja aspek penilaian yang ada pada permainan kippers, yakni :

1.Untuk memperoleh nilai 1 ( satu )
a.Apabila regu penjaga bisa menangkap bola langsung dari pukulan pemain lawan.
b.Apabila teman yang sudah di tempat hinggap, kemudian dengan pukulan orang lain yang benar dapat kembali ke ruang bebas dengan aman.

2.Untuk memperoleh nilai 2, apabila pukulan sendiri benar dan bisa kembali ke ruang bebas dengan aman.

Nilai karakter yang harus ada pada pemain kippers adalah disiplin dan kerja sama karena seorang pemain kippers harus mempunyai kedisiplinan yang tinggi dan mau dalam bekerja sama dengan timnya.

Sekian info dari saya semoga bermanfaat, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Mengenal Permainan Kippers"

Poskan Komentar