Model Belajar Kelompok Gaya Kami

Model belajar kelompok gaya kami - Belajar kelompok merupakan suatu kegiatan belajar yang dilakukan secara bersama dalam sebuah kelompok. Anggota kelompok belajar terdiri dari lebih dari satu orang, mempunyai struktur atau susunan kelompok yang telah disepakati bersama sebelum kelompok itu dibentuk.

Struktur kelompok seperti yang telah saya bahas sebelumnya, sangatlah berperan penting terhadap kinerja kegiatan kelompok tersebut. Hanya sekedar mengingatkan aja nih guys… struktur atau susunan kelompok, secara umum terdiri dari ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris, dan yang terakhir adalah anggota.

Sebelum memulai kegiatan belajar kelompok, kita harus menentukan topik atau tema pembahasan yang akan didiskusikan dalam kelompok. Begitu pula menentukan jadwal kegiatan belajar kelompok. 

Agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar, kita harus terlebih dahulu bermusyawarah bersama seluruh anggota kelompok. Tujuannya untuk mengantisipasi hambatan dan kendala saat kegiatan belajar dimulai.

model belajar,belajar kelompok,siswa

Berikut ini adalah model belajar kelompok gaya kami. Saya dan teman-teman terlebih dulu bermusyawarah bersama seluruh anggota kelompok sebelum memulai kegiatan belajar kelompok. Bahan musyawarah antara lain:

a.Menentukan jadwal kegiatan

Dalam hal ini disepakati kapan belajar kelompok dimulai dan setiap hari apa setiap minggu kegiatan itu dapat dilakukan. Menentukan jadwal kegiatan belajar kelompok sangat penting dilakukan bersama anggota kelompok.

Menentukan jadwal kegiatan belajar kelompok tidak hanya dimusyawarahkan kepada sesama anggota kelompok melainkan juga kepada guru pembimbing belajar. Tujuannya agar guru pembimbing dapat memberi penguatan positif kepada anggota kelompok agar dapat hadir pada kegiatan kelompok tersebut.

b.Menentukan topik belajar

Kami bersama dengan anggota kelompok harus menentukan apa topik pembahasan pada kegiatan kelompok tersebut. Contohnya, saya dan teman-teman memiliki agenda pembahasan, yaitu berlatih memainkan drama bersama guru pembibing kami, ibuk Elfianti, S.Sn dan beliau biasa kami panggil dengan sebutan ibuk Epi.

Kami belajar dan berlatih memainkan drama dengan judul: "Akankah Surga Dapat Kuraih ". Naskah  drama ini disusun oleh ketua kelompok kami, Andini Meysi Ulanda.

Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Cika yang malu memiliki ibu yang cacat dan ia pun bertemu dengan seorang pengusaha muda yang bernama Yudha dan dari sanalah cerita ini dimulai.

By the way, ngomongin soal ketua, ketua itu adalah pimpinan tertinggi dalam struktur susunan kelompok yang mengatur seluruh kegiatan kelompok, dan inilah struktur/susunan kelompok kami : 

1.Ketua : Andini Meysi Ulanda
2.Wakil ketua : Difo Faizi Pratama
3.Bendahara : Salsabila Dwi Vindi
4. Sekretaris : Fauzia
5. Anggota :siswa kelas IX A

Sekian pembahasan dari saya, semoga bermanfaat. Belajar kelompoklah dengan teman-teman anda dengan akur dan dapat mencontoh model belajar kelompok gaya kami ini, terima kasih. (*Penulis : Denis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Model Belajar Kelompok Gaya Kami"

Poskan Komentar