Pengaruh Lingkungan Oleh Globalisasi

Pengaruh Lingkungan Oleh Globalisasi

Pengaruh lingkungan oleh globalisasi - Lingkungan merupakan tempat hidup seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi sosial secara positif. Namun bagi sebagian kecil generasi pelajar yang tidak memiliki jiwa untuk belajar akan  menjadikan lingkungan sosial itu sebagai tempat bermain, bercanda gurau, dan tempat membuat kekacauan.

Di lingkungan sosial seperti itu akan muncul sifat yang melenceng atau menyimpang dilakukan oleh generasi muda. Misalnya penggunaan obat terlarang, berjudi, merokok dan lain-lain.  Permasalahan ini terjadi akibat tidak adanya kepedulian diri dari generasi bangsa itu sendiri dan masyarakat di lingkungan sosial dimana mereka berada.

Bagaimana alternatif cara mengatasi permasalahan ini? Salah satunya adalah  kegiatan pengembangan diri dan kepedulian terhadap diri pribadi. Kegiatan ini akan berjalan dengan baik jika tercipta lingkungan sosial masyarakat yang nyaman. Lingkungan dimana orang selalu menaati norma dan aturan yang berlaku di dalamnya.

pengaruh,lingkungan,global

Bangsa ini tidak akan maju, sebelum generasi penerus bangsa merubah kesulitan dalam memajukan bangsa. Amalan yang dilakukan untuk memajukan bangsa bagi generasi bangsa:

1.Harus ada ilmu yang ditanamkan didalam diri untuk bisa memajukan bangsa dan tanah air.
2.Menanamkan semangat pada anak bangsa untuk bisa maju di dunia luas
3.Generasi harus mengetahui dan mengamalkan Pancasila dan UUD 1945

Pengaruh lingkungan glonalisasi

Lingkungan akan menjadi pengaruh besar bagi generasi bangsa apabila sebuah kependidikan tidak dijunjung tinggi oleh generasi tersebut. Globalisasi di zaman sekarang membuat lingkungan sebagai tempat sarana dan prasarana bermain, berjudi, dan melakukan perilaku yang menyimpang. Dengan adanya pendidikan di indonesia seharusnya ada perubahan terhadap bangsa ini.

Sungguh suatu perilaku yang positif bagi bangsa Indonesia yang dapat bersaing dengan bangsa lain, khususnya dalam bidang teknologi.Tetapi pengaruh lingkungan globalisasi  bagi generasi bangsa indonesia di zaman sekarang ialah besarnya pengedaran dan penggunaan obat terlarang, yang mendunia dalam kehidupan anak bangsa. Banyaknya pemakai barang terlarang di indonesia membuat negeri ini menjadi negara yang banyak mengalami kematian dan tidak aman.

Pengaruh lingkungan di zaman globalisasi sekarang juga sangat besar terhadap tatanan nilai budaya dan norma kehidupan. Sering terjadi penyimpangan dan pelanggaran terhadap nilai-nilai dan norma kehidupan.

Pengararuh lingkungan yang paling besar adalah globalisasi. Globalisasi adalah proses mendunia dalam segala aspek kehidupan dalam bidang keseluruhannya. Didalamnya ada pengaruh positif dan negatif. Ada pemikiran negatif akibat besarnya pngaruh globalisasi.

Sebenarnya bukan globalisasi yang membuat pengaruh lingkungan, tetapi kemajuan yang ada pada era globalisasi berpengaruh terhadap kemajuan dalam berbagai aspek seperti bidang politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Perubahan perilaku masyarakat

Perubahan ini terjadi akibat pengaruh negatif globalisasi yaitu tidak merasa penting mengenai peraturan.  Contohnya adalah orang yang tidak mematuhi peraturan dalam keluarga, lingkungan dan yang terbesar negara.

Dapat dicontohkan yang lainnya, kehidupan anak sekolah yang hanya mementingkan kehidupannya di luar kegiatan belajar. Anak sekolah yang suka bolos dan bermain dalam belajar.

Dampak ini akibat globalisasi yang mendunia akibat pengaruh lingkungan yang sangat besar. Bagi pelajar, dunia yang terbesar sesudah terpengaruh ialah bermain. Dapat dibilang hanya gaya hidup yang moderen yang dapat membuat diri seseorang itu akan maju dan tinggi.

Nilai atau norma adalah aspek aturan yang tidak tertulis, tetapi harus dihormati dan ditaaati oleh anggota masyarakat. Contohnya nilai tradisi budaya. Di era globalisasi dalam daerah telah bercampur dengan akibat pentingnya globalisasi. Akibatnya yaitu telah lahirnya tradisi luar di negara itu sendiri.

Seiring kemajuan zaman, arus globalisasi pasti terjadi secara perkembangan teknologi. Peranan bangsa dalam menahan era globalisasi secara tegas bagi lingkungan ialah meningkatkan manfaat positif bagi bangsa dan menekan secara kecil pengaruh negatifnya.

Kesimpulan

Gunakan kemajuan globalisasi bagi lingkungan sebagai kemajuan teknologi dan informasi untuk meraih ilmu yang bermanfaat bagi generasi bangsa dan memperoleh teman dan sahabat dari seluruh penjuru dunai dalam memperbesar ilmu pendidikan di dunia alam Indonesia merdeka indonesia jaya. (*Penulis: Sultan Alfarizy)

Posting Komentar