Pengertian dan Komponen Sistem Komputer

Pengertian dan komponen sistem komputer - Komputer berasal dari bahasa latin yaitu “Computere” yang berarti menghitung. Akan tetapi, bukan berarti bahwa komputer merupakan mesin hitung walaupun kenyataannya penemuan komputer ini sendiri tidak terlepas dari penemuan mesin hitung. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa komputer tidak hanya sekedar mesin hitung. Mesin yang lebih tepat dikenal dengan to calculate.

Komputer memiliki pengertian yang lebih luas yaitu sistem yang mampu memanipulasi symbol (data) elektronik secara capat dan tepat, dirancang dan ditata sedemikian rupa, sehingga bisa menerima, menyimpan, mengolah masukan (input) dan penyajian hasil pengolahan menurut instruksi yang diberikan.

Komputer dapat kita bedakan dalam dua arti yaitu dalam arti sempit dan dalam arti yang luas. Dalam arti sempit komputer merupakan alat untuk melakukan perhitungan. Komputer dapat diartikan sebagai alat elektronik yang dapat mengolah data dengan pengarahan program dan bisa menghasilkan informasi.

pengertian,sistem,komponen,komputer

Sedangkan dalam arti luas komputer adalah suatu alat yang nama alat tersebut  dapat mengolah data baik berupa huruf maupun angka. Prinsip kerja sistem komputer yaitu suatu input yang akan diproses sehingga akan menghasilkan suatu output yang sangat berguna bagi orang yang membutuhkan.

Jadi bila ditinjau dari segi fungsinya, komputer adalah yang memegang peranan penting dalam sistem pengolahan data elektronik, maka komputer disebut juga sebagai alat pengolahan data sesuai dengan program, dapat menyimpan (mempunyai memori) serta mampu memberikan informasi (output) yang di inginkan.


#Pengertian Sistem

Sistem merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen atau elemen-elemen yang saling berhubungan atau berintegrasi satu dengan yang lainnya untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Ada beberapa orang yang ahli mengemukakan pengertian dari sistem, sebagai berikut :

a.   Sistem Menurut Jogianto, 1990
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan untuk melakukan suatu kegiatan atau melakukan suatu sasaran tertentu.

b.   Sistem Menurut Sanyoto Gondodiyoto, 1992
Sistem adalah seluruh rangkaian tata kerja dan prosedur kerja yang secara keseluruhan membentuk kebulatan pola teratur didalam melaksanakan kegiatan pengolahan data, yaitu memproses data menjadi informasi.

c.    Sistem Menurut Mc. Leod, 1995
Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem itu merupakan suatu jaringan kerja dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan.

#Komponen Sistem Komputer

Komputer tidak dapat berdiri sendiri, oleh karena itu perlu dibantu oleh alat-alat lain. Jadi komputer bekerja dalam satu sistem yang dinamakan dengan sistem komputerisasi.

Fasilitas yang dapat digunakan secara prinsipil harus ada dalam sistem komputer adalah :

1.Brainware (Manusia atau User)

Adalah sekumpulan orang yang mengoperasikan komputer (sistem komputerisasi). Adapun yang termasuk ke dalam unsur-unsur Brainware adalah sebagi berikut :

a.Sistem Analis
Merupakan orang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.

Tugas–tugas sistem analis :
-Menganalisa dan merancang sistem
-Bertanggung jawab terhadap sistem komputerisasi
-Berhubungan drengan pihak – pihak pemakai
-Membawahi programmer

b.Programer
Merupakan orang yang merancang program dan menyusun instruksi untuk komputer, serta orang yang bertanggung jawab terhadap jalanya kelancaran program.

Tugas–tugas programer :

-Menyusun intruksi untuk komputer
-Mentest program dengan data palsu
-Bertanggung jawab terhadap jalannya program 

c.Operator
Merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mengaktifkan dan menonaktifkan komputer.

Tugas–tugas operator:

-Merencanakan jadwal kerja 
-Bertanggung jawab mengaktifkan dan menonaktifkan komputer
-Mempersiapkan data atau input media 
-Memasukkan data dan program ke dalam sistem komputer 
-Memeriksa hasil pemrograman

d.Data Entry Operator
Yaitu orang yang bertugas untuk menangani pengurusan data yang akan diolah, mulai dari pengumpulan maupun sampai perekaman data ke dalam  media perekaman komputer.

e.Teknisi Komputer
Yaitu orang yang bertugas untuk menjaga dan merawat agar kelangsungan pekerjaan komputer dapat berkesinambungan secara keseluruhan, termasuk didalamnya menganti suku cadang baru jika terjadi kerusakan

2.Hardware (Perangkat Keras)

Merupakan perangkat yang membentuk suatu sistem komputer, sistem peralatan yang terlibat didalamnya adalah peralatan-perlatan komputer itu sendiri, seperti :

a.Monitor merupakan alat untuk menampilkan data atau informasi dilayar komputer.

b.CPU merupakan bagian terpenting dari computer yang dapat melakukan pengolahan data menjadi informasi atau disebut juga sebagai otak dari computer.

c.Disk Drive merupakan pemutar disk yang berupa floopy disk (didketter).

d.Keyboard, merupakan alat untuk komunikasi antara computer dengan keyboard akan diteruskan langsung ke CPU.

e.Printer, merupakan suatu alat yang digunkana untuk mencetak  hasil yang telah diproses computer.

f.Mouse merupakan alat yang digunakan sebagai penunjuk kursor.

3.Software (Perangkat Lunak)

Merupakan kumpulan intruksi atau program yang memungkinkan komputer (hardware) melakukan fungsinya. Software terdiri dari 5 unsur :

a.Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sistem software yang berfungsi untuk mengatur dan mengontrol kerja komputer secara mendasar, seperti mengatur media-media input-proses-output, mengatur memori, mengatur penjadwalan processor dan lainnya.

b.Alat Bantu (Utility)
Merupakan unsur dari system software yang berfungsi membantu pengoperasian mesin, antara lain : mempersiapkan pemakaian media disk, atau file, membuat atau menghapus proteksi suatu system software, memperbaiki bagian file atau disk yang rusak, menguji kebenaran kerja komputer dll.

Contoh : Norton Utility, Disk Optimizer side Kic Plus, Mace Utility

c.Bahasa ( Language)
Merupakan unsur software yang berfungsi sebagai penghubung komunikasi komputer dengan peralatannya, komputer dengan komputer, atau komputer dengan manusia.

Contoh : Basic, Pascal, Cobol, dll

d.Pemrograman Paket
Digunakan dalam menyediakan berbagai fungsi yang siap pakai

Contoh : Word Processor, Spread Sheet, Dbase III plus

e.Program Aplikasi
Yaitu sistem software yang berfungsi untuk menyiapkan system aplikasi tertentu.

Contoh :
-Printshop ( untuk membuat kop surat, kartu, label)
-From tool ( untuk membuat format / bentuk- bentuk surat perusahaan)
-DEA ( Dac Easy Accounting)

Demikianlah uraian mengenai pengertian komputer, sistem dan komponen yang ada pada komputer.

(*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Pengertian dan Komponen Sistem Komputer"

Poskan Komentar