Peranan Blog dalam Dunia Pendidikan

Peranan blog dalam dunia pendidikan – Perkembangan teknologi informasi dewasa ini telah mempengaruhi segala lini kehidupan manusia. Dunia pendidikan berperan penting dalam mengembangkan teknologi informasi tersebut. Sebaliknya kemajuan dalam dunia pendidikan merupakan andil besar kemajuan teknologi bidang informasi. Ada hubungan timbal balik antara teknologi dan dunia pendidikan.

Teknologi komputer dan ajringan paling berperan dalam perkembangan pendidikan di negeri ini. Perangkat komputer telah mempercepat operasional proses administrasi pendidikan di lembaga sekolah. Sehingga hampir semua warga sekolah sudah dapat mengoperasikan peralatan komputer.

Begitu pula jaringan internet, telah memudahkan warga sekolah untuk mengakses internet. Memperoleh berbagai informasi dan hiburan untuk menambah pengetahuan dan wawasan warga sekolah. Memang, komputer dan jaringan telah memudahkan semua warga sekolah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing.

peranan blog,blog pendidikan,membuat blog

Peran weblog dalam pendidikan

Salah satu media internet yang berperan terhadap pendidikan di sekolah adalah weblog atau disingkat blog. Blog merupakan sebuah aplikasi bagian dari website yang dapat diakses oleh pengguna online.

Ciri khas sebuah blog adalah memuat tulisan dan gambar dalam bentuk postingan pada setiap halamannya. Dikelola oleh seorang administrator (admin) bersifat tunggal dan ada pula yang dibantu oleh beberapa orang penulis.

Pada hakikatnya, blog berfungsi sebagai media publikasi tulisan dan gambar sebagai hasil kreativitas admin dan penulis di blog tersebut. Hasil kreativitas dimaksud antara lain artikel dan catatan-catatan penting tentang kehidupan yang dimuat dalam postingan untuk berbagi dengan orang lain.

Dengan sebuah blog, seseorang dapat berbagi (sharing) ide atau gagasan. Bagi warga sekolah seperti ; tenaga pendidik (guru) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi, pustakawan, laboran, operator sekolah) maupun peserta didik (siswa). Blog menjadi media untuk berbagi sesuatu tentang pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Maka tepat dikatakan kalau blog itu adalah catatan personal dari sang adminnya.

Di sudut lain, pengguna internet (user) dapat memanfaatkan informasi yang ada di halaman blog untuk menambah pengetahuan dan wawasan warga sekolah. Blog sebagai ajang berbagi ide dan gagasan bersifat sederhana, singkat dan menghibur. Pembahasan sesuatu dalam blog tidak memerlukan pemikiran yang berat-berat bagi pengguna sesama warga pendidikan di lembaga sekolah.

Secara umum, peranan blog bagi dunia pendidikan sekolah antara lain:

1.Berbagi informasi secara online

Admin blog dan penulisnya dari kalangan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang proses pendidikan di sekolah. Berbagi dengan sesama insan pendidikan di sekolah untuk memajukan proses belajar dan mengajar.

Bagi guru, blog dapat menjadi media berbagai pengetahuan dan pengalaman tentang tugas dan fungsinya sebagai pengejar, pendidik dan pelatih. Begitu pula bagi tenaga kependidikan dan peserta didik. Mereka dapat membagikan sesuatu yang dirasa penting melalui blog yang dimilikinya.

2.Bahan dan sumber belajar praktis

Bahan dan sumber belajar itu banyak sekali. Selain buku sumber, blog bisa menjadi bahan dan sumber belajar yang paraktis. Para guru dapat membaca share admin blog tentang seluk beluk kegiatan mengajar. Siswa dapat menjadikan blog sebagai sumber belajar praktis dan ajang untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru di sekolah.

3.Memperkenalkan sekolah pada dunia luar

Sekolah sudah banyak memiliki blog khusus untuk membagikan informasi kegiatan dan kemajuan sekolah tersebut pada dunia luar. Jika sekolah belum memiliki blog sekoalh maka warga sekolah dapat membuat blog personal untuk mempromosikan sekolah pada dunia luar. Informasi ini boleh jadi sangat berguna bagi sekolah lain dalam memacu kualitas pendidikan di sekolah.

4.Penyaluran bakat dan minat

Bakat dan minat menulis warga sekolah dapat disalurkan melalui media weblog dengan mudah. Bagi yang baru belajar menulis kreatif dan mengenal blog, maka mereka dapat dapat mengenal dan belajar membuat blog.

5.Penerapan ilmu dan keterampilan menulis

Blog menjadi media yang ampuh untuk menerapkan ilmu dan keterampilan menulis warga sekolah. Secara teori, ilmu dan keterampilan menulis itu sudah diberikan oleh guru/instruktur dengan memadai. Untuk mengaplikasikan teori menulis dapat dimanfaatkan media blog.

6.Langkah awal mencari uang

Kelak, bila blog yang dibuat oleh warga sekolah, bukan mustahil dapat menghasilkan uang penganti kuota internet, akomodasi selama beroperasi di depan komputer maupun gadget yang dimanfaatkan. Jika blog sudah dimonetisasi, misalnya melalui google adsense, ada harapan lambat laun akan bernilai finansial.

Poin ke-enam ini perlu waktu dan proses yang cukup panjang. Namun berkat kesabaran para admin, usaha mencari uang melalui blog lambat laut akan terwujud.

Share this :

0 Response to "Peranan Blog dalam Dunia Pendidikan"

Poskan Komentar