Pohon Kelapa dan Kegunaannya

Pohon kelapa dan kegunaannya – Kelapa adalah sejenis pohon palem yang tergolong tumbuhan berbiji satu (monokotil). Memiliki ciri pohon tidak bercabang, daun menyirip dan berakar serabut. Memiliki batang yang keras seperti halnya pohon pinang namun diameter batang lebih besar ketimbang batang pinang.

Sebatang pohon kelapa memiliki banyak manfaat karena semua unsur pada pohon kelapa dapat digunakan untuk keperluan manusia. Mulai dari pucuk sampai akar dapat dipergunakan untuk berbagai kebutuhan. Mari kita jelajahi, apa saja manfaat dari sebatang pohon kelapa.

1.Daun

Daun kelapa berada paling atas pohon dapat dimanfaatkan oleh manusia. Daun yang masih mudah digunakan sebagai pembuatan kantong ketupat. Daun yang sudah tua digunakan sebagi bahan atap rumah dan dangau di sawah. Sedangkan batang daun menyirip dapat dijadikan lidi untuk dijadikan sapu sebagai alat pembersih.

pohon,pohon kelapa,kegunaan,manfaat

2.Buah

Buah kelapa dapat dijadikan sebagai bahan dapur, obat dan minuman. Kulit kelapa dapat dijadikan bahan alas kaki dan bahan keterampilan pada pelajaran muatan lokal, misalnya membuat alas kaki di rumah atau kendaraan. Namun kulit kelapa (sabut) bisa juga dimanfaatkan sebagai alat pembersih di dapur.

Batok kelapa dijadikan bahan arang untuk memasak/membakar, bahan pengisi alat penyetrika. Bahkan dapat juga sebagai bahan pembuat kerajinan tangan anak sekolah. Buah kelapa yang sudah masak dapat diparut dan dijadikan santan untuk bahan bumbu dapur. Sedangkan buah kelapa muda dapat dijadikan minuman segar sekaligus sebagai obat dan pencegahan pennyakit.

Ampas hasil parutan dapat dimanfaatkan untuk membersihkan lantai dan bahan keterampilan anak sekolah seperti bahan dasar membuat kolase dan lain sebagainya.

3.Batang

Batang kelapa dapat diolah menjadi bahan bangunan dan dipakai untuk tonggak, lantai dan dinding rumah. Sementara serbuk pengergajian batang kelapa dapat dijadikan pupuk tanaman.

4.Akar

Akar pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan sebagai alat penghias rumah dan untuk benda yang bernilai seni. 

Semua komponen pada pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk keperluan manusia. Oleh sebab itu sangat disayangkan jika manusia menyia-nyiakan keberadaan pohon yang satu ini. Jika diolah secara profesional maka semua bagian pohon kelapa dapat bernilai ekonomi sehingga menjadi masukan (income) keuangan bagi keluarga. (*Penulis : Sultan Alfarizy)

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »