Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman Visual Basic

Sekilas tentang bahasa pemrograman visual basic - Bahasa Pemrograman adalah perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu (Nahdatul Choirot,2010).

Microsoft Visual Basic adalah suatu paket Bahasa Pemprograman tingkat tinggi yang berbasis Under Windows dengan Orientasi Objek Programming (OOP). Maksudnya, program dapat aktif bila ada respon dari pemakai berupa event atau kejadian tertentu.

Setiap Bahasa Pemrograman yang berbasis objek mempunyai IDE, yaitu suatu tampilan Visual tempat bekerja atau membuat program dalam menyelesaikan suatu proyek.

Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1991, merupakan pengembangan dari pendahulunya yaitu Bahasa Pemrograman Basic (Beginner of All Purpose Symbol) sebagai alat bantu untuk membuat berbagai macam program komputer, khususnya menggunakan sistem operasi Windows.

pemrograman,visual basic

#Komponen-komponen dalam Visual Basic

Ketika program Visual Basic telah terbuka, maka akan ditemui banyak komponen yang terdapat di dalamnya, yaitu sebagai berikut :

1.Control Menu
Menu yang digunakan untuk memanipulasi jendela Bahasa Pemrograman, dari menu ini kita bisa mengubah ukuran-ukuran, memudahkan menutup jendela Bahasa Pemrograman.

2.Toolbar
Tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu.

3.Form Windows
Daerah kerja utama pada saat membuat suatu program aplikasi akan otomatis tersedia.

4.Toolbox
Komponen-komponen yang akan digunakan dalam perancangan program, terdiri dari :

a.Label, digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diedit oleh user.

b.Text Box, digunakan untuk memasukan dan mengedit teks.
c.Option button, merupakan bagian dari Optiongroup, digunakan untuk menampilhkan beberapa pilhan dimana user hanya dapat memilih satu.

d.Image, digunakan untuk menampilkan bitmap, Ikon,file JPG atau GIF.

e.Chek box, digunakan untuk memilih satu pilhan atau lebih secara bersamaan yang disediakan pada program.

f.ComboBox, digunakan untuk memilih satu pilhan yang disediakan pada program yang menapilkan seluruh pilihan yang tersedia saat objek tersebut diklik.

g.Commond Button, digunakan untuk membuat suatu aksi saat objek tersebut diklik.

h.List box,digunakan untuk menampilkan dafatar item dimana user dapat memilih dirinya.

i.Frame, digunakan sebagai wadah Control atau Toolbox yang lain.

j.Timer, digunakan untuk mengeksekusi event timer dalam interval waktu tertentu.

k.Data, digunakan untuk menghubungkan dengan sebuah database dan menampilkan informasinya pada  form.

5.Properties Windows
Jendela yang digunakan untuk melihat semua informasi objek yang terdapat pada aplikasi Bahasa Pemrograman Berbasis Objek. Properties adalah sifat dari sebuah objek.

6.Project Explorer
Jendela yang digunakan untuk melihat sebuah informasi tentang tampilan form atau tampilan jendela kode.

7.Code Windows
Jendela tempat menulis perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan, jendela berbasis kode-kode yang merupakan instruksi Bahasa  Pemrograman Visual Basic.

#Pengenalan MySQL

Pengolahan basis data secara fisik, tidak dilakukan oleh user secara langsung, tetapi ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang disebut DBMS yang menentukan bagaimana data diubah, disimpan, dan diambil kembali secara berhubungan.

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS ) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (GeneralPublic License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.

MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam  database sejak lama, yaitu SQL (Structured   Query   Language).   SQL   adalah   sebuah   konsep   pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul  dibandingkan database server lainnya dalam query data (Henhenkoe,2009). (*Penulis : Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Sekilas Tentang Bahasa Pemrograman Visual Basic"

Poskan Komentar