Struktur Belajar Kelompok Siswa

Struktur belajar kelompok siswa - Kata ‘belajar kelompok’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Secara umum yang dimaksud belajar kelompok adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara bersama dalam sebuah grup (kelompok) yang memiliki anggota lebih dari satu orang.

Belajar kelompok bagi dapat membangun kebersamaan dan nilai kreativitas siswa. Dalam kegiatan belajar kelompok inilah, seorang siswa dapat bertukar ide atau gagasan yang dimiliki dengan siswa lain dalam kelompoknya.

Seperti diketahui, gagasan atau ide yang dimiliki seseorang, termasuk siswa, pastilah berbeda-beda satu sama lainnya. Melalui belajar kelompok maka ide tersebut dapat digabungkan  sehingga terbentuklah ide sempurna yang dihasilkan melalui kreatifitas bersama anggota sebuah kelompok.  

struktur,belajar,kelompok

Biasanya, dalam kegiatan belajar kelompok memiliki sebuah struktur (susunan) kelompok. Tujuannya adalah supaya belajar kelompok siswa terprogram secara sistematis sehingga belajar kelompok berjalan efektif dan efisien.

Struktur belajar kelompok terdiri dari ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris dan anggota. Berikut  struktur kelompok belajar siswa :

1. Ketua

Dalam suatu kegiatan belajar kelompok, jabatan ketua memegang peranan penting dalam mengelola kebijakan dan keputusan semua anggota kelompok.

2. Wakil Ketua

Dalam suatu kegiatan kelompok jabatan wakil ketua adalah membantu ketua dalam melaksanakan kebijakan dan seluruh kegiatan kelompok.

3. Bendahara

Bendahara bertugas mengelola keuangan kelompok dan hasil iuran kelompok yang telah ditetapkan secara bersama.

4. Sekretaris

Sekretaris kelompok bertugas untuk mencatat seluruh kegiatan kelompok, baik  yang akan dilaksanakan maupun yang sedang dan telah dilaksanakan.

5. Anggota

Anggota adalah sebuah jaringan terkecil dalam sebuah kelompok. Dan anggotalah yang akan melaksanakan seluruh kebijakan kelompok. Anggota kelompok harus berperan aktif dalam mendukung program belajar kelompok.

Dan, yang lebih penting lagi adalah mematuhi segala aturan dan kesepakatan yang telah diambil dalam belajar kelompok. Itulah gambaran umum susunan sebuah kelompok. (*Penulis: Dennis Pahlevi)

Share this :

0 Response to "Struktur Belajar Kelompok Siswa"

Poskan Komentar