Syarat Utama Menuju Masyarakat Madhani

Syarat utama menuju masyarakat madhani – Pembangunan untuk menuju masyarakat madhani bukan hanya sekadar fisik tapi juga mental. Untuk memperoleh pembangunan seimbang dan merata di daerah kabupaten Tanah Datar. Terutama di kenagarian Taluk, tentunya tidak hanya pembangunan fisik yang harus menjadi perhatian atau prioritas.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah pembangunan mental dan spiritual masyarakat, terutama para kawula muda karena kemajuan dan kelestarian sebuah nagari itu tergantung kepada pemuda dan pemudinya.

"Pembangunan itu bukan hanya fisik, tapi tidak kalah penting pembangunan mental dan spiritual, seperti yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan islam." Mulai dari TPA/TPSA PSQ, pesantren masjid dan organisasi keagamaan lainnya, yang ada di kenagarian Taluk kecamatan Lintau Buo Kab. Tanah Datar.

pembangunan,fisik,mental

Menurut Bang Ipul, sapaan Saefullah, guna mewujudkan Jakarta menjadi kota yang agamis, peran ulama dan lembaga pendidikan islam harus lebih di optimalkan. Sebab, hal itulah yang menjadi peran mendasar dalam membangun mental generasi penerus yang lebih baik.

"Inilah peran penting ulama dan lembaga pendidikan islam dalam membangun karakter, mental dan spiritual para generasi penerus bangsa. Sebab, dua elemen ini yang dapat langsung menyentuh masyarakat dan lebih mudah diterima oleh masyarakat, agar falsafah Ranah Minang, adat basandi sarak sarak basandi kitabbulah tercipta dilingkungan generasi muda.

Pembangunan masyarakat merupakan konsep yang berkaitan dengan upaya peningkatan atau pengembangan masyarakat menuju kearah yang lebih positif.

Sebagai suatu hal yang memiliki pusat perhatian dalam membantu masyarakat pada berbagai tingkatan umur agar tumbuh dan berkembang melalui berbagai fasilitasi dan dukungan agar mereka mampu memutuskan, merencanakan dan mengambil tindakan untuk mengelola dan mengembangkan lingkungan fisiknya serta kesejahteraan sosialnya. Proses ini berlangsung dengan dukungan dari berbagai elemen mulai dari pemerintahan teratas sampai ketingkat bawah.

Prioritas pembangunan mental

Dalam pembangunan mental diperlukan berbagai syarat namun yang paling utama dan menjadi prioritas adalah sektor pendidikan. Ini menunjukkan bahwa pendidikan berperan penting dalam membangun mental spiritual generasi muda. 

Pendidikan yang ideal dimulai dari rumah tangga, dilanjutkan di sekolah, dan  juga dalam lingkungan masyarakat. Pembangunan mental, mulai sejak anak lahir, di mana semua pengalaman yang dilaluinya mulai lahir, sampai mencapai usia dewasa, menjadi bahan dalam pembinaan mentalnya.

Untuk menunjang dan pembangunan pendidikan, baik di rumah,  di sekolah maupun di lingkungan masyarakat adalah kebutuhan pokoknya harus terjamin, baik kebutuhan jasmani maupun kebutuhan mental, spritual dan sosial. 

Hal ini harus terjamin makan minum yang cukup, memenuhi syarat kesehatan untuk pertumbuhannya di rumah, sekolah dan di lingkungan masyarakat. (*Penulis: Hadi Rahim)

Share this :

0 Response to "Syarat Utama Menuju Masyarakat Madhani"

Poskan Komentar